Wow, Kulit Jeruk bisa dijadikan Pengharum Ruangan Alami lho!

diy-orange-peel-rose

Advertisment

Siapa yang tidak tahu dengan pengharum ruangan, hampir semua orang menyukainya, meskipun dengan selera yang berbeda. Orang yang terbiasa dengan memakai parfum, mungkin akan lebih suka dengan pengharum ruangan yang baunya tajam, tapi berbeda dengan yang tidak terbiasa, mereka akan cenderung pusing dan mual jika mencium pengharum ruangan, padahal pengharum ruangan tersebut beraroma lavender, melati, atau mawar, apalagi aroma yang tajam seperti parfum.

Sebagian orang justru lebih suka dengan aroma buah-buahan terutama jeruk. Jadi jangan heran jika banyak orang yang bepergian tidak lupa membawa jeruk untuk dimakan di perjalanan. Karena selain enak dimakan, juga aromanya yang fresh dan segar mampu mengurangi rasa pusing dan mual bagi mereka yang mabok perjalanan.

Bagi anda yang suka dengan aroma jeruk, nggak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri pengharum ruangan berbahan jeruk agar seluruh ruangan rumah beraroma jeruk yang fresh. Anda tidak perlu membeli pengharum ruangan, karena bisa memanfaatkan kulit jeruk (orange peel) dan buahnya pun bisa anda makan. Yang anda pakai untuk pengharum ruangan hanya kulitnya saja. Daripada kulit jeruk anda buang begitu saja, kenapa tidak terfikir untuk dijadikan bahan pengharum ruangan yang alami.

Untuk membuat pengharum ruangan alami berbahan kulit jeruk dan bunga mawar (orange peel rose), anda membutuhkan bahan dan alat sebagai berikut:
– Kulit jeruk
– Pisau/cutter
– Wadah/toples
– Bunga mawar dan daunnya
– Biji-bijian lainnya (jika diperlukan)

Advertisment

Cara membuat pengharum ruangan alami dari kulit jeruk dan bunga mawar (orange peel rose):
Langkah 1:
Cuci bersih jeruk dan lap hingga kering.

Langkah 2: Kupas kulit jeruk secara melingkar tanpa putus.pengharum-ruangan-alami

Langkah 3: Susun kulit jeruk hingga membentuk seperti mahkota bunga.cara-membuat-pengharum-ruangan

Langkah 4: Siapkan bunga mawar dalam wadah/toples, lalu letakkan kulit jeruk yang sudah dibentuk seperti bunga di dalam dan di luar toples.

Langkah 5: Tambahkan biji-bijian di sekitarnya untuk mempercantik tampilan.

Tarraa…Pengharum ruangan alami dari kulit jeruk dan bunga mawar (orange peel rose) siap menyegarkan rumah anda. Mudah kan membuatnya? Selain anda mengurangi limbah rumah tangga, anda juga tidak perlu membeli pengharum ruangan tapi rumah tetap fresh dan segar dengan aroma jeruk. Anda bisa memakai kulit jeruk saja tanpa bunga mawar jika ingin aroma yang khas jeruk, atau bisa mengganti dengan bunga lainnya sesuai selera. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment