Membuat Sendiri Alat Sauna Alami di Rumah

membuat sendiri alat sauna alami di rumah

Advertisment

Setelah lelah bekerja seharian, rasanya pengen mampir ke salon perawatan dan spa untuk perawatan sauna atau mandi uap. Tapi kalau tiap hari ya bikin kanker (kantong kering) mendadak, ditambah lagi jauh dari rumah. Udah keluar uang, waktu juga terbuang di luar. Padahal pengen secepatnya sampai rumah kumpul sama keluarga.

Liet-liet harga alat sauna kok jadi merinding, gimana enggak? kalau make uang gaji, kapan bisa lunas cicilan rumahnya. Namanya juga alat sauna, ya pasti mahal keleees 🙁
Akhirnya cuma bisa berendam kaki pakai air hangat plus garam secukupnya. Kata orang tua sih bisa hilangin pegal-pegal. Yaaa lumayan lah, minimal kaki nggak kaku dan pegal, daripada nggak sama sekali, hehe

Sambil berendam kaki, saya keingat teman dulu pas mau nikah. Dia mandi uap menggunakan air mendidih yang dicampur ramuan-ramuan dalam panci lalu dia jongkok di atas panci sambil mengenakan sarung agar uapnya tidak keluar. Hmm..kayaknya bisa dicoba nich buat sauna sendiri di rumah, alami lagi.

Untuk membuat sauna alami dan sederhana di rumah membutuhkan bahan dan alat :
– Kursi plastik yang ada sandarannya
– Jas hujan model kelelawar
– Panci besar plus tutupnya
– Kompor
– Selang air sepanjang 2 m
– Pipa besi/pipa PVC berukuran 5/8 inchi sepanjang 5 cm
– Pemberat seperti cobek atau sejenisnya
– Bor/tang/gunting

Cara membuat :
Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan alat

Langkah 2 : Lubangi tutup panci seukuran pipa menggunakan bor/lainnya
Agar lebih mudah, lubangi tepat di tengah-tengah (pegangan tutup) tapi gunakan pegangan lain untuk membuka dan menutup panci

Advertisment

Langkah 3 : Isi air setengah panci atau lebih dikit agar tidak tumpah ketika mendidih

Langkah 4 : Pasang pipa pada lubang di tutup panci, lalu sambungkan dengan selang air

Langkah 5 : Rebus air hingga mendidih

Langkah 6 : Tindih tutup panci dengan pemberat agar panci tidak terbuka
Untuk lebih aman, letakkan tutup panci secara terbalik agar pemberat tidak mudah jatuh

Langkah 7 : Pakai jas hujan lalu duduk di kursi yang berjarak 1,5 m dari panci

Langkah 8 : Ketika selang mulai mengeluarkan uap, taruhlah ujung selang di bawah kursi
Usahakan jas hujan menutupi seluruh kursi agar uap tidak keluar
Gambaran lengkapnya seperti ini
image

image

Mari bersauna…Alami dan sederhana kan? Bisa mandi uap tiap hari nih. Alatnya pun multi fungsi, bisa bongkar pasang lagi, hehehe
Untuk hasil maksimal, tambahkan rempah-rempah khusus relaksasi dan aman untuk kulit seperti aroma buah citrus/jeruk yang memberikan efek senang dan energik, bunga jasmine untuk relaks, lavender untuk membantu mengatasi insomnia, dan lain sebagainya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment