Gantungan Handuk untuk Kamar Mandi Minimalis

gantungan-handuk-rumah-minimalis

Advertisment

Semua orang tidak akan bisa terlepas dari namanya kamar mandi. Kalau pun sebuah rumah tidak ada kamar mandinya, pasti ada sungai atau kali kecil yang dimanfaatkan untuk aktivitas bersih-bersih layaknya kamar mandi. Bahkan orang tunawisma pun pasti punya tempat layaknya kamar mandi meskipun dengan bentuk yang jauh dari kata layak.

Begitu pentingnya kamar mandi, hingga orang yang membangun rumah sendiri atau beli rumah jadi, sering mendahulukan kamar mandi dan dapur dibanding ruangan lainnya. Jadi jangan heran jika ada orang yang membeli rumah sudah jadi langsung tertuju pada dapur dan kamar mandi.

Jaman sekarang, rumah minimalis sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan mungkin anda sudah punya rumah minimalis saat ini. Selain bisa berhemat, rumah minimalis ternyata lebih efektif dibanding rumah gedung seperti villa. Tapi bukan bearti saya melarang anda untuk punya rumah besar lho. Cuma kalau dipikir-pikir daripada buat rumah besar tapi penghuninya cuma sedikit, mending dijadikan tempat usaha atau disewakan.

Kalau rumah minimalis, bearti semua ruangan pun pasti juga minimalis, termasuk kamar mandi. Nah, bagi anda yang suka dengan berbagai jenis peralatan mandi, baik digunakan maupun hanya sebagai pajangan saja, nggak usah khawatir dengan bentuk kamar mandi minimalis, karena anda masih bisa menata peralatan mandi kesayangan anda dengan catatan teknik penataannya pun harus kreatif dan minimalis. Salah satunya dalam hal menata beberapa jenis handuk.

Ada berbagai cara dalam menata dan meletakkan handuk di kamar mandi, mulai dari cara membuat gantungan, membuat rak untuk jemuran, maupun digulung dan diletakkan di atas keranjang atau dalam kaleng. Saya akan share cara menata handuk bentuk gantungan tapi dengan teknik yang berbeda. Kali ini bentuknya seperti anda membuat ayunan untuk si kecil. Kebayang kan gimana buatnya?

Untuk membuat gantungan handuk kamar mandi minimalis, anda membutuhkan bahan dan alat sebagai berikut:
– Baju/pakaian bekas bermotif untuk gantungan
– Baju bekas/kain perca polos untuk hiasan bunga
– Kain perca warna hijau untuk daun bunga hiasan
– Ring kayu/besi (jika tidak ada, bisa diganti dengan ring gelas plastik bekas)
– Gunting/cutter
– Paku dan palu
– Jarum dan benang jahit/mesin jahit
– Kancing baju
– Pensil/kapur jahit
– Lem tembak/perekat lainnya

Cara membuat gantungan handuk untuk rumah minimalis:
Langkah 1:
Lipat baju/pakaian bekas bermotif menjadi dua bagian, lalu gambar bentuk segitiga dengan kedua ujung atas terbuka kemudian potong.

Advertisment

Langkah 2: Lapisi ring kayu/besi dengan sisa kain dan lem ujung kain. Jika anda menggunakan gelas plastik bekas, maka ambil bagian ring gelas lalu lapisi dengan kain. Gabung 2 ring/lebih menjadi satu agar ring lebih tebal dan kuat.

Langkah 3: Pasang kedua ujung kain (gantungan handuk) pada ring lalu jahit.

Langkah 4: Jika anda ingin membuat sekat antara handuk satu dengan lainnya seperti gantungan handuk kain sebelah kanan pada gambar, maka jahit kain dengan jarak sesuai selera.

Langkah 5: Untuk membuat hiasan bunga, potong baju bekas/kain perca warna polos menjadi beberapa potongan lalu bentuk seperti mahkota bunga. Cara membuatnya sama dengan anda membuat bros hijab dari kain perca.

Langkah 6: Lapisi kancing baju dengan sisa kain untuk dijadikan putik bunga, lalu tempelkan di tengah mahkota bunga.

Langkah 7: Sedangkan untuk membuat daun bunga, potong kain perca warna hijau membentuk seperti daun.

Langkah 8: Setelah bunga sudah jadi, mulailah menempelkan bunga beserta daunnya pada gantungan handuk kain.

Langkah 9: Tancapkan paku pada tembok lalu gantungkan ring.

Selesai…Anda tinggal menggulung handuk dan meletakkannya pada gantungan handuk kain minimalis sesuai dengan ukuran besar kecilnya handuk. Mudah kan membuatnya? Gantungan handuk ini juga bisa dipakai untuk gantungan tisu atau lainnya. Anda bisa mengganti hiasan bunga dengan bentuk yang lain sesuai selera. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment