Daur Ulang Kaleng Bekas menjadi Celengan

Celengan-kaleng-bekas

Advertisment

Di rumah anda banyak sekali barang bekas numpuk? Mulai dari kaleng bekas, botol bekas, gelas bekas dan barang bekas lainnya. Pengen buang tapi khawatir nanti butuh, tapi kalau tetap disimpan kok gudang sudah penuh barang bekas. Daur ulang saja menjadi celengan. Lumayan berkurang banyak nantinya, karena masing-masing anggota rumah punya celengan sendiri-sendiri. Hitung-hitung saling berlomba siapa yang penuh duluan, dan anak-anak pun jadi semangat mau nabung.

Untuk membuat celengan dari kaleng bekas, anda membutuhkan bahan dan alat:
– Kaleng bekas susu/kaleng bekas lainnya
– Kain flanel warna sesuai selera (di sini memakai warna kuning dan putih)
– Spidol warna (hitam, hijau dan merah)
– Gunting
– Pisau/cutter
– Lem/perekat

Cara membuat celengan dari kaleng bekas dan kain flanel:
Langkah 1: Cuci bersih kaleng bekas susu/lainnya lalu keringkan.

Langkah 2: Buat lubang tepat di tengah-tengah kaleng untuk memasukkan uang.

Langkah 3: Potong kain flanel warna kuning untuk badan kaleng dan potong lagi dua berbentuk lingkaran untuk atas dan bawah kaleng. Sesuaikan ukurannya dengan kaleng terlebih dahulu.

Advertisment

Langkah 4: Buat lubang pada kain flanel untuk lingkaran atas sesuai lubang uang pada kaleng.

Langkah 5: Untuk mewarnai kain flanel, buat garis terlebih dahulu dengan spidol hitam agar lurus, dan mulailah mewarnai (warna flanel menjadi kuning dan hitam).

Langkah 6: Tempelkan kain flanel pada kaleng menggunakan lem.

Langkah 7: Hiasi bagian paling bawah dengan potongan kecil dari sisa flanel warna kuning, lalu warnai dengan spidol hitam.

Langkah 8: Buat hiasan di atas kaleng seperti buah kiwi, apel, wafer stick dan hiasan lainnya sesuai selera dengan menggunakan kain flanel warna putih lalu diwarnai sesuai hiasan pada aslinya.

Selesai..Celengan buatan sendiri dari kaleng bekas dan kain flanel siap menghiasi meja anda. Mudah kan membuatnya? Disamping anda mempunyai celengan baru, sampah barang bekas di gudang pun terkurangi. Anda juga bisa menggunakan botol bekas atau karton bekas tisu gulung/roll untuk badan celengan. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment