Tutorial Merajut Teknik Dasar Purl atau Purl Stitch Bagi Pemula


Seni merajut kali ini (tusuk purl atau purl stitch) merupakan kebalikan dari tusuk dasar knitting sebelumnya, tusuk knit atau knit stitch. Meskipun kebalikan, kedua teknik merajut knitting ini seringkali ada dalam sebuah karya/hasil rajutan (penggabungan kedua tusuk knitting).

Tidak sedikit hasil rajutan yang menggabungkan antara kedua tusuk dasar tersebut, seperti merajut syal misalnya. Karena hasil rajutan syal dengan menggabungkan kedua teknik dasar rajut tersebut akan menghasilkan syal rajut yang lebih bervarian dan tentu saja lebih tebal dibanding hanya memakai satu teknik rajut.

Tidak hanya syal rajut saja yang bisa dihasilkan dari penggabungan kedua teknik merajut knitting di atas (tusuk knit dan tusuk purl), tapi anda bisa merajut sweater, rompi, selimut rajut, topi rajut, dan karya rajutan lainnya.

Sebelum anda mulai membuat karya rajutan knitting, kita pelajari dulu tutorial merajut tusuk purl atau purl stitch dalam rajut knitting. Terutama bagi anda yang pemula pasti belum terbayang gimana cara merajutnya.

Tusuk purl atau purl stitch biasanya dilambangkan dengan simbol (P). Dan dalam merajut tusuk purl, posisi benang rajut (yard ball) berada di depan jarum. Kebalikan dari tusuk knit (yard ball berada di belakang). Metode rajut yang digunakan pun sama, yaitu: continental method dan english method.

1. Cara merajut tusuk purl/purl stitch (P) dengan metode kontinental:

Langkah 1: Pegang jarum rajut yang ada tusukan benang atau CO dan yard ball di tangan kiri.

Langkah 2: Pegang jarum rajut pasangannya pada tangan kanan.

Langkah 3: Masukkan/sisipkan ujung jarum kanan pada lubang/tusuk di jarum kiri dari belakang ke depan. 

Langkah 4: Lingkarkan yard ball berlawanan arah jarum jam pada ujung jarum kanan. 

Langkah 5: Tarik keluar benang yang dilingkarkan tadi sambil pelan-pelan dorong ke atas tusuk di jarum kiri hingga lepas. 

Langkah 6: Bearti ada tambahan satu tusuk pada jarum kanan dan berkurang satu tusuk pada jarum kiri.

Langkah 7: Lakukan langkah 3-5 hingga semua tusuk di jarum kiri habis/berpindah ke jarum kanan.
Untuk membuat baris kedua dan seterusnya, pindahkan jarum kanan tadi ke tangan kiri dan lakukan seperti langkah awal hingga sesuai panjang yang anda inginkan.

2. Cara merajut tusuk purl/purl stitch dengan metode english:

Langkah 1: Pegang jarum rajut yang ada tusukan benang atau CO di tangan kiri.

Langkah 2: Pegang jarum rajut pasangannya dan yard ball di tangan kanan (biarkan yard end menggantung).

Langkah 3: Sisipkan/masukkan ujung jarum kanan pada lubang/tusuk di jarum kiri.

Langkah 4: Lingkarkan yard ball ke ujung jarum kanan berlawanan arah jarum jam, lalu tarik kembali yard ball hingga ke belakang. 

Langkah 5: Tarik keluar yard ball yang dilingkarkan tadi sambil pelan-pelan dorong ke atas tusuk di jarum kiri hingga lepas dengan bantuan ibu jari kiri. 

Langkah 6: Lakukan langkah 3-5 hingga semua tusuk di jarum kiri habis/berpindah ke jarum kanan.
Untuk membuat baris kedua dan seterusnya, pindahkan jarum kanan tadi ke tangan kiri dan lakukan seperti langkah awal hingga sesuai panjang yang anda inginkan.

Cara merajut tusuk purl dengan menggunakan kedua metode, baik continental methode maupun english methode hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada posisi yard ball/benang rajut apakah berada di tangan kiri atau di tangan kanan. Tetap lanjut belajar merajutnya ya..Dan semoga panduan merajut untuk pemula kali ini bermanfaat!

Bagaimana komentar Anda?