Motif Rajutan The Netted Stitch


The netted stitch merupakan teknik dasar merajut dalam pembuatan beberapa kerajinan tangan rajutan dengan model netting (jaring) dan motif lace. Dalam teknik merajut ini, anda hanya perlu membuat tusuk pengurangan (decrease stitch) dan digabung dengan tusuk knit.

Dalam penggunaan pola the netted stitch ini, sebaiknya anda menggunakan benang rajut dengan ukuran benang rajut tebal (serat wol yang tebal), agar pola jaringnya terlihat jelas. Dan tentu saja ukuran jarum rajut menyesuaikan dengan ukuran jenis benang rajut yang anda gunakan.

Cara ngerajut dengan motif the netted stitch sebenarnya sangat mudah, sama halnya dengan cara merajut motif dasar rajutan lainnya. Berikut pola the netted stitch yang perlu anda kuasai untuk membuat aneka kreasi rajutan tangan:

Langkah 1: Buat CO dengan kelipatan 2 + 2 sts.

Langkah 2: Pada tutorial merajut kali ini kita menggunakan English methode (posisi benang panjang (yard ball) berada di tangan kanan).

Baris 1: K1, *lingkarkan yard ball (benang rajut panjang) pada jarum kanan dari arah belakang ke depan, K2Tog*, ulangi yang berada di dalam tanda * hingga tersisa 1 sts pada baris, K1.

Baris 2: Ulangi seperti pola baris 1.

Langkah 3: Ulangi baris 1-2 hingga anda mendapatkan panjang rajutan yang sesuai dengan keinginan.

Gimana, mudah bukan cara merajutnya? Yang penting anda menguasai tusuk dasar merajut knitting. Kalau tusuk-tusuk dasar tersebut anda kuasai, mau memakai motif dan pola apapun tetap jalan ngerajutnya, hehe.
Semoga panduan belajar merajut bagi pemula kali ini bermanfaat. Happy knitting!

Tips:
Setelah rajutan anda selesai, lakukan teknik blocking untuk finishing agar motif jaring/nitting terlihat lebih jelas. Dan bentuk rajutan pun menjadi lebih rapi dan cantik, terutama bagian pinggir rajutan yang seringkali terjadi penumpukan tusukan maupun menggulung.

Bagaimana komentar Anda?