Motif Rajutan The Cartridge Belt Rib Stitch


The cartridge belt rib stitch merupakan motif rajutan dasar, sehingga mudah untuk dibuat. The cartridge belt rib stitch bukanlah motif rib stitch sejati. Karena pada motif rib stitch tusuk knit terbentuk seperti garis-garis memanjang yang rapi dengan purl yang tersimpan di antara kedua tusuk knit.

Dan biasanya motif ribbing stitch menggunakan pola 1 x 1 dengan knit 1 dan purl 1 secara bergantian dari awal hingga akhir rajutan. Atau menggunakan motif 2 x 2 ribbing sts, dimana anda membuat knit 2 dan purl 2 secara bergantian. Dan hasil rajutan motif ini lebih cantik dibanding motif ribbing 1 x 1 sts.

Sementara pada motif the cartridge belt rib stitch, tanpa adanya tusuk purl sama sekali (tapi diganti dengan slip 1 with yarn in front), yang menghasilkan model rajutan yang hampir sama dengan ribbing. Karena slip 1 dengan posisi benang berada di depan akan membentuk lekukan datar yang mirip purling.

Sehingga motif the cartridge belt rib stitch menjadi salah satu teknik merajut yang digemari para perajut. Dikarenakan pola the cartridge belt rib stitch ini akan menghasilkan kreasi rajut yang reversible, lembut, padat, dan tidak terbatas pada gender tertentu (netral).

Maka dari itu, pola rajutan the cartridge belt rib stitch sangat cocok digunakan dalam membuat kerajinan tangan rajutan berbentuk syal/scraf, sweater rajut, dan afghan. Karena terkenal dengan ciri khas yang padat dan menghangatkan, tapi lembut di kulit saat dipakai.

Berikut cara merajut aneka rajutan tangan dari benang wol dengan pola the cartridge belt rib stitch yang perlu anda coba:

Langkah 1: Buat CO dengan kelipatan 4 + 3 sts.

Langkah 2:
Baris 1: K3, *sl 1 wyif, K3. Ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.

Baris 2: k1, *sl 1 wyif, K3. Ulangi dari tanda * hingga tersisa 2 sts, sl 1 wyif, K1.

Langkah 3: Ulangi baris 1 & 2 hingga mendapatkan panjang rajutan yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Kami sertakan cara merajut sl 1 wyif: setelah membuat knit, tarik benang ke depan jarum kanan, lalu pindahkan tusuk yang berada di jarum kiri ke jarum kanan. Kemudian tarik benang kembali ke belakang lalu buat knit.

Bagaimana komentar Anda?