Motif Rajutan Single Rib Knit


Motif the rib stitch adalah motif rajutan dasar yang paling sering digunakan oleh perajut pemula untuk latihan belajar merajut. Karena pola rajutan ini hanya memakai tusuk dasar knit dan purl secara bergantian.

Dengan mengetahui model dasar rib knitting stitch ini, anda sudah mampu membuat dasar dalam pembuatan sweater rajut. Karena kebanyakan pengrajin memilih pola single rib knit ini untuk merajut sweater, terutama pada bagian sweater tertentu.

Alasan kenapa pengrajin memilih motif rajutan ini adalah hasil rajutan yang terbentuk dari motif ini berukuran pas namun rajutannya melar dan reversible, sehingga cocok digunakan untuk merajut bagian leher sweater/baju rajut, kaos kaki rajut, sarung tangan, dan topi rajut.

Tidak hanya terbatas di situ saja, anda bisa menggunakan pola single rib knit ini untuk menambahkan bagian dari hasil rajutan anda yang kurang pas. Semisal ingin mendapatkan ukuran pinggang yang pas, maka anda hanya perlu menambahkan beberapa baris maupun tusuk single rib knit.

Single rib knit stitch biasanya menghasilkan bentuk rajutan dengan garis-garis memanjang lurus secara vertikal, dengan purl yang tersimpan rapi di antara kedua tusuk knit. Dan baru akan terlihat jika rajutannya ditarik/dimelarkan.

Ada 2 pola basic rib knitting (motif rajutan dasar rib knit) yang seringkali dipakai, yaitu single rib knit, dan double rib knit. Pola single rib knit yaitu dengan hitungan 1 x 1 stitch, di mana anda membuat knit 1 dan purl 1 secara bergantian dari awal baris hingga akhir rajutan. Model rajutan rib knit dengan pola 1 x 1 sts seperti ini 

Sedangkan pola double rib knit adalah 2 x 2 stitch. Yaitu membuat 2 tusuk knit dan 2 tusuk purl secara bergantian hingga mendapatkan panjang rajutan yang anda inginkan. Jenis rajutan yang dihasilkan dengan pola 2 x 2 sts seperti gambar di bawah ini 

Selain kedua pola dasar rib knitting di atas, ada banyak variasi dari pola single rib knit yang perlu anda coba. Seperti pola rajutan ini:

  • CO kelipatan 2.
  • Baris 1: K3, P1, K4, P2, K4, P4.
  • Ulangi baris 1 hingga mendapatkan panjang yang diperlukan.

Yang perlu anda ingat dalam membuat rajutan rib knitting stitch jenis variasi apapun adalah tusuk knit akan terlihat seperti V dan purl akan membentuk benjolan/gelombang.

Bagaimana komentar Anda?