Motif Rajutan Seed Stitch VS Moss Stitch


Sebelum kita membahas pola seed stitch dan moss stitch satu-persatu, sebaiknya kita samakan persepsi dulu. Karena banyak di antara perajut yang berdebat dengan kedua motif rajutan tangan tersebut.

Sebagian perajut berpendapat bahwa seed stitch dan moss stitch adalah 1 motif rajutan, alias pola rajutannya sama. Sementara perajut lainnya berpendapat bahwa keduanya merupakan model/pola rajutan yang berbeda.

Nah, pendapat mana yang benar? Anda pastinya bingung kan? Maklum, seni merajut bukanlah budaya kita, jadi wajar kalau kita perlu tahu sejarah rajutan dan semua hal yang berkaitan dengan rajut merajut, salah satunya motif dasar knitting kali ini.

Sebenarnya, kedua pendapat tersebut sama benarnya. Lho kok bisa? Iya, tergantung dari pola rajut apa yang kita gunakan. Jika anda memakai pola British, maka motif seed stitch dan moss stitch merupakan 1 motif rajutan yang sama. Sedangkan jika memakai pola America, maka kedua motif rajutan tangan tersebut berbeda.

Maka dari itu, penamaan motif moss stitch seringkali disertai dengan kata ‘Amerikan’ di depannya. Karena kata tersebut dijadikan pembeda antara pola Amerika dan British. Sehingga bisa dibedakan antara pola seed stitch dan pola Amerikan moss stitch.

Pada tutorial merajut kali ini, kami akan menjelaskan pola motif seed stitch dan pola Amerikan moss stitch, agar terlihat jelas perbedaannya. Berikut cara membuat rajutan dengan pola seed stitch: 

Langkah 1: Buat CO (dengan jumlah sts sesuai yang diperlukan).

Langkah 2:
Baris 1: * K1,P1, ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.
Baris 2: * P1, K1, ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.

Langkah 3: Ulangi baris 1 & 2 hingga mendapatkan panjang kreasi rajutan tangan yang anda inginkan.

Cara merajut pola Amerikan moss stitch: 

Langkah 1: Buat CO (dengan jumlah sts sesuai selera).

Langkah 2:
Baris 1 & 4: K1, *P1, K1, ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.
Baris 2 & 3: P1, *K1,P1, ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.

Langkah 3: Ulangi baris 1-4 hingga mendapatkan hasil rajutan yang anda inginkan.

Gimana, sudah tahu perbedaannya kan? Pola-pola dasar merajutnya gampang banget lho. Pastinya jadi tambah semangat dong belajar merajutnya.

Bagaimana komentar Anda?