Motif Rajutan Rasberry Stitch


Selain disebut dengan istilah rasberry stitch, ada juga beberapa nama lainnya yang sering digunakan untuk menyebut motif rajutan yang satu ini, antara lain: trinity stitch, blackberry stitch, cluster stitch, dan bramble stitch.

Tidak peduli istilah apa yang anda gunakan untuk menyebut motif rajutan rasberry stitch ini, yang penting cara merajutnya sama, yaitu dengan cara membuat beberapa sts pada 1 lubang yang sama, kemudian melakukan decreasing stitch (tusuk pengurangan) dengan jumlah yang sama.

Bentuk rajutan yang dihasilkan dari jenis rajutan ini akan terlihat bulatan-bulatan kecil tapi tidak terlalu menonjol. Meskipun ada beberapa bulatan kecil pada hasil rajutan, model rajutan ini terkenal lembut dan halus di kulit jika dipakai.

Karena menghasilkan bulatan-bulatan kecil yang padat dan rapi, pola rasberry stitch ini membutuhkan gulungan benang rajut yang lebih banyak dibanding pola rajutan lainnya. Hal ini dikarenakan memadukan antara tusuk increasing dan decreasing sekaligus.

Kelebihan dari motif rajutan ini adalah bulatan kecil yang dihasilkan tidak begitu menonjol dan lembut jika dipakai. Sehingga pola rasberry stitch ini menjadi salah satu motif rajutan terbaru yang sangat populer dan sering digunakan dalam pembuatan aneka jenis rajutan tangan.

Berikut pola rasberry stitch yang perlu anda coba untuk membuat rajutan tangan:

  • CO kelipatan 4 sts.
  • Baris 1 (right side): P sepanjang baris.
  • Baris 2: *(K1, P1, K1) dalam 1 lubang yang sama, P3Tog. Ulangi dari tanda * hingga baris habis/selesai.
  • Baris 3: P sepanjang baris.
  • Baris 4: *P3Tog, (K1, P1, K1) dalam 1 lubang yang sama. Ulangi dari tanda * hingga baris habis/selesai.
  • Ulangi baris 1-4 hingga mendapatkan panjang rajutan yang anda inginkan.

Pola rasberry stitch ini sangat cocok digunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan rajutan berupa selimut bayi, headband rajut, dan bermacam-macam pola rajutan untuk aksesoris musim panas yang memadukan 2 warna/lebih benang rajut dengan warna yang cerah, terutama aksesoris rajut untuk anak-anak.

Bagaimana komentar Anda?