Motif Rajutan Herringbone Lace Rib Stitch


Salah satu motif dasar rajutan adalah herringbone lace rib stitch. Motif rajutan ini terbilang mudah dibuat, karena merupakan pola knitting dasar dan sederhana. Ditambah lagi pola herringbone lace rib stitch ini hanya pengulangan 2 baris, sehingga lebih mudah untuk diingat.

Anda hanya perlu mengusai cara membuat tusuk knit dan purl saja. Karena 2 tusuk rajutan tersebut menjadi tusuk dasar dalam pembuatan pola herringbone lace rib stitch ini. Dan model rajutan yang dihasilkan akan terlihat lubang-lubang kecil eyelet dan ribbing garis lurus.

Herringbone lace rib stitch ini merupakan versi halus dari teknik dasar motif ribbing tradisional. Sehingga cocok digunakan untuk merajut syal, dompet rajut, dan aneka jenis rajutan wrap (kantong pembungkus).

Salah satu keuntungan dan ciri khas dari motif herringbone lace rib stitch adalah bentuk rajutan yang dihasilkan tidak menggulung, lurus dan tampak sama di kedua sisi rajutan. Maka dari itu, teknik rajutan ini juga sangat cocok untuk membuat berbagai jenis pakaian/baju rajut dan aksesoris rajutan.

Berikut pola herringbone lace rib stitch yang perlu anda kuasai:

  • CO kelipatan 7 + 1 sts.
  • Baris 1: K1, *P1, K1, YO, P2Tog, K1, P1, K1. Ulangi dari tanda * hingga baris habis.
  • Baris 2: P1, *K2, YO, P2Tog, K2, P1. Ulangi dari tanda * hingga baris habis.
  • Ulangi baris 1&2 hingga anda mendapatkan panjang rajutan sesuai keinginan.

Bagaimana komentar Anda?