Motif Rajutan Basketweave Stitch


Motif basketweave stitch sebenarnya mudah dibuat. Namun, anda perlu menghafalkan pola dan mengingatnya. Karena hampir tiap baris dari pola basketweave stitch berbeda. Ditambah lagi untuk membuat 1 pola rajutan basketweave stitch membutuhkan 8 baris.

Sehingga anda baru mengulang pola rajutan baru pada kelipatan baris ke-8. Hal ini mungkin yang membuat motif rajutan basketweave stitch terlihat rumit. Makanya dibutuhkan praktek dan praktek.

Berikut cara membuat rajutan dengan pola basketweave stitch:

Langkah 1: Buat CO kelipatan 8 + 5 sts.

Langkah 2:

  • Baris 1 & 5: K, hingga baris selesai/habis.
  • Baris 2 & 4: K5, *P3, K5. Ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.
  • Baris 3: P5, *K3, P5. Ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.
  • Baris 6 & 8: K1, P3, *K5, P3. Ulangi dari tanda * hingga tersisa 1 sts, K1.
  • Baris 7: P1, K3, *P5, K3. Ulangi dari tanda * hingga tersisa 1 sts, K1.

Langkah 3: Ulangi baris 1-8 hingga mendapatkan panjang rajutan yang anda inginkan.

Gimana, agak susah ya? Memang perlu latihan dan daya ingat juga harus kuat untuk motif rajutan yang satu ini. Tapi tetap semangat belajar merajutnya kan? Tidak ada salahnya anda mencoba motif rajutan basketweave stitch ini terlebih dahulu. Setelah dipraktekin, pasti tidak serumit yang dibayangkan.

Tips:

  • Gunakan penanda tusukan (stitch marker) untuk menandai baris maupun sts di pola ini. Karena jika tidak, anda akan kesulitan untuk mengingat jumlah sts yang sudah dibuat. Terlebih lagi jika anda merajutnya tidak sekaligus, alias berhenti di tengah jalan terus dilanjutkan lain waktu.
  • Jika anda tidak memiliki penanda tusukan (stitch marker), anda bisa menggunakan potongan benang rajut sisa maupun bahan lainnya yang bisa membantu anda untuk mengingat baris dan sts.

Bagaimana komentar Anda?