Motif Rajutan Bamboo Stitch


Pola bamboo stitch termasuk salah satu pola dasar knitting yang mudah dikerjakan, bahkan anda pun bisa merajutnya sambil menonton TV kesayangan anda. Karena berdasarkan pengalaman para perajut, saat membuat rajutan dengan menggunakan motif bamboo stitch ini tidak membutuhkan konsentrasi penuh.

Motif bamboo stitch ini sangat cocok digunakan dalam membuat beberapa jenis rajutan tangan yang berbentuk syal/scraf (terutama untuk pria). Dan beberapa hiasan interior rumah seperti: waslap dekoratif maupun hiasan rumah lainnya.

Karena motif bamboo stitch memiliki ciri khas dan karakteristik yang maskulin. Sehingga cocok untuk hiasan rumah maupun aksesoris yang dipakai pria. Meskipun begitu, wanita pun bisa memakai kerajinan tangan rajutan dengan pola bamboo stitch ini.

Kenapa pola rajutan ini dinamakan bamboo stitch? Apa hasil rajutannya mirip dengan bambu? Iya, betul sekali. Bentuk rajutan yang dihasilkan dari motif bamboo stitch ini mirip sekali dengan ruas-ruas bambu yang sebenarnya. Maka dari itu, tidaklah heran jika model rajutan ini disebut motif bamboo stitch.

Meskipun motif rajutan bamboo stitch terbilang mudah, tapi bagi sebagian perajut (terutama perajut pemula) ada yang merasa kesulitan dalam membuat yarn over (YO) di awal baris. Jika anda juga merasa kesulitan, maka pelajari terlebih dahulu cara membuat YO sebagai tusuk awal baris pada artikel yang berjudul tutorial merajut tusuk penambahan pada rajut knitting bagi pemula (increase stitch).

Hal penting yang harus diperhatikan dalam menerapkan pola bamboo stitch adalah kelonggaran benang pada tusukan yang anda buat. Karena hal ini bisa membantu anda mempertahankan keseimbangan YO tiap barisan pada rajutan. Sehingga motif bamboo stitch terlihat jelas dan rapi.

Tapi bukan bearti anda bisa melonggarkan benang pada tusukan yang anda buat tanpa kontrol/keseimbangan, karena rajutan benang yang terlalu longgar akan menimbulkan lubang pada kreasi rajutan tangan yang anda buat. Hal ini justru malah akan merusak bentuk rajutan anda.

Jadi, kontrol keseimbangan dalam menarik benang saat membuat YO sangatlah penting. Sehingga model bamboo stitch akan terlihat jelas dengan ruas-ruas bambu yang rapi dan lurus, jika tusukan yang anda buat tidak terlalu ketat. Begitu juga dengan sebaliknya, tidak terlalu longgar. Karena jika tidak, maka keduanya bisa merusak pola.

Berikut pola bamboo stitch:

  • CO dengan kelipatan 2 sts.
  • Baris 1: *YO, K2, kemudian angkat YO ke atas dengan jarum kiri hingga melewati kedua tusuk knit tadi. Ulangi dari tanda * hingga baris selesai/habis.
  • Baris 2: P, sepanjang baris.

Kami sertakan tutorial merajut pola bamboo stitch step by step:

Langkah 1: Buat CO dengan jumlah kelipatan 2 sts.

Langkah 2: Buat YO di awal baris 1, dengan cara menggantungkan yard ball pada jarum kanan (benang tetap ditarik). 

Langkah 3: Buat 2 knit pada kedua tusuk yang berada di jarum kiri. 

Langkah 4: Angkat YO ke atas menggunakan jarum kiri hingga melewati kedua tusuk knit tadi. 

Langkah 5: Jatuhkan/lepaskan YO yang berada di jarum kiri. 

Bagaimana komentar Anda?