Cara Menutup Rajutan atau Mengakhiri Rajut Knitting (Bind Off/Cast Off)


Para perajut, terutama pemula terkadang bingung pada saat rajutan sudah selesai (sudah mencapai ukuran yang diinginkan), gimana cara mengakhiri/menutup rajutan agar tidak terurai/tidak lepas lagi? Apa bisa cuma disimpul mati saja, atau disimpul yang lainnya?

Hmm…daripada pusing mikir, yuk lanjut bacanya, hehe
Istilah dalam rajut knitting untuk penutup tusukan/rajutan disebut bind off (BO)/cast off. Bind off merupakan terminologi US dalam merajut, sedangkan Cast off merupakan terminologi Britishnya. Sama halnya dengan bahasa inggris, ada US dan British, begitu juga terminologi dalam merajut.

Teknik BO ini juga bisa digunakan pada saat anda memasang kancing di rajutan. Teknik BO berbeda dengan teknik blocking lho yaa..

Sebenarnya, cara mengakhiri/menutup rajutan (BO) banyak sekali, tapi yang paling umum dan sering dipakai adalah cara di bawah ini:

Langkah 1: Posisikan jarum breien (yang ada tusukan/rajutannya) dan yard ball (benang rajut panjang) di tangan kiri, sedangkan jarum pasangannya (jarum rajut kosong) di tangan kanan.

Langkah 2: Pindahkan 2 tusuk knit yang berada di jarum kiri ke jarum kanan. 

Langkah 3: Sisipkan jarum kiri ke tusuk knit yang pertama, lalu angkat dan tarik ke atas melewati tusuk knit ke-2 (jangan sampai tusuk knit ke-2 lepas dari jarum ya). 

Langkah 4: Tarik terus tusuk pertama tadi ke atas hingga lepas dari jarum kanan (pindah ke jarum kiri). 

Langkah 5: Dorong ke atas tusuk pertama di jarum kiri hingga jatuh/lepas (bearti tersisa 1 tusuk knit di jarum kanan). 

Langkah 6: Pindahkan 1 tusuk knit berikutnya (tusuk ke-3) yang berada di jarum kiri ke jarum kanan. 

Langkah 7: Sisipkan jarum kiri ke tusuk knit yang ke-2, lalu angkat dan tarik ke atas melewati tusuk knit ke-3 hingga lepas dari jarum kanan (pindah ke jarum kiri).

Langkah 8: Dorong ke atas tusuk ke-2 di jarum kiri hingga jatuh/lepas (bearti tersisa 1 tusuk knit di jarum kanan).

Langkah 9: Untuk tusuk knit ke-4 dan seterusnya, lakukan langkah ke-6 sampai ke-8 hingga tersisa hanya 1 tusuk di jarum kanan.

Langkah 10: Ambil/tarik jarum kanan dan longgarkan tusuk yang tersisa, serta potong yard ball dengan menyisakan beberapa centimeter. 

Langkah 11: Masukkan ujung yard ball pada loop/lubang terakhir. 

Langkah 12: Tarik yard ball dengan kencang (pastikan tusuk akhir benar-benar tersimpul rapat). Lalu potong sisa benang dan rapikan ujungnya dengan cara dibakar/selipkan sisa potongan ke dalam rajutan (tanpa dibakar). 

Selesai…Rajutan anda siap dipakai. Gimana, pastinya bangga kan bisa memakai hasil rajutan sendiri? Jadi makin semangat merajut dong…

Bagaimana komentar Anda?