Belajar Merajut Teknik Dasar Knit atau Knit Stitch (K) bagi pemula


Setelah belajar merajut slip knot (simpul awal) dan Cast On (tusuk awa/permulaan), saatnya untuk membuat tusuk dasar dalam merajut knitting. Bagi yang baru gabung, silahkan belajar dulu cara merajut slip knot pada artikel cara memegang benang dan membuat simpul awal rajut knitting dan merajut Cast On cara merajut cast on atau tusuk dasar dalam merajut knitting.

Ibarat membuat sebuah bangunan atau rumah, tusuk dasar ini adalah temboknya. Jadi sebelum membuat tembok, anda harus membuat alas dasar awal (slip knot) dan juga pondasi (Cast On), setelah itu baru bisa membuat tembok (tusuk knit/knit stitch).

Tusuk dasar dalam merajut knitting sebenarnya ada dua macam, yaitu: tusuk knit atau knit stitch (K) dan tusuk purl atau purl stitch (P). Dari kedua tusuk dasar tersebut, anda bisa membuat berbagai hasil rajutan dengan variasi dan pola yang berbeda.

Pada artikel kali ini, kita akan belajar dulu tentang cara merajut tusuk knit atau knit stitch (K). Seperti yang kita ketahui bersama bahwa metode yang digunakan dalam rajut knitting ada dua macam, yaitu: metode kontinental dan metode english. Jadi pada pembahasan kali ini, kita akan belajar cara merajut tusuk knit dengan kedua metode tersebut.

1. Cara merajut teknik dasar knit atau knit stitch (K) dengan metode kontinental:
Langkah 1: Pegang salah satu jarum rajut (dengan CO) dan benang rajut di tangan kiri. Kemudin lilitkan yard ball pada jari telunjuk dan biarkan yard end tetap menggantung. 

Langkah 2: Pegang jarum rajut pasangannya pada tangan kanan, lalu masukkan ujung jarum kanan dari depan ke belakang pada tusuk pertama CO (tusuk pertama ditandai dengan no 1 pada gambar) 

Langkah 3: Kaitkan yard ball dengan ujung jarum kanan lalu tarik benang keluar. 

Langkah 4: Dorong ke atas tusuk pertama CO di jarum kiri hingga lepas dengan bantuan ibu jari. 

Langkah 5: Hasilnya, ada 1 tusuk di jarum kanan sementara jumlah tusuk di jarum kiri berkurang 1. 

Langkah 6: Ulangi langkah 2-4 hingga semua tusuk pada jarum kiri berpindah ke jarum kanan (habis). 

Langkah 7: Setelah semua tusuk berpindah ke jarum kanan, bearti anda telah menyelesaikan baris pertama.
Untuk membuat baris kedua dan seterusnya, pindahkan jarum kanan tadi ke tangan kiri lagi dan mulailah merajut seperti pada langkah 1-6 hingga mendapatkan panjang sesuai yang anda perlukan.

2. Cara merajut teknik dasar knit atau knit stitch (K) dengan metode english:
Langkah 1: Pegang jarum rajut dengan CO di tangan kiri, lalu pegang jarum pasangannya dan benang rajut di tangan kanan.

Langkah 2: Masukkan jarum kanan pada tusuk pertama, lalu lingkarkan yard ball ke belakang jarum kanan, kemudian lingkarkan lagi ke depan jarum kiri melewati kedua jarum, seperti pada gambar a.
Kemudian tarik keluar benang yang dilingkarkan tadi, dan ibu jari kiri mendorong ke atas tusuk pertama di jarum kiri hingga keluar (ujung yard ball tetap dipegang tangan kanan), seperti pada gambar b. 

Langkah 3: Bearti ada 1 tusuk di jarum kanan dan berkurang 1 tusuk di jarum kiri. 

Langkah 4: Lakukan langkah 2-3 hingga tusuk CO di jarum kiri habis (berpindah ke jarum kanan).
Untuk membuat baris kedua dan seterusnya, pindahkan jarum kanan tadi ke tangan kiri lagi dan mulailah merajut seperti merajut baris pertama hingga mendapatkan panjang yang anda inginkan.

Gimana, gampang kan? Kebanyakan orang yang pernah belajar merajut menganggap metode english lebih mudah dibanding metode kontinental (termasuk saya). Tapi bagi anda, terutama pemula sebaiknya coba kedua metode di atas. Karena pengalaman tiap orang berbeda. Semoga tutorial merajut ini bermanfaat!

Bagaimana komentar Anda?