71 Ide Kreatif Daur Ulang Barang Bekas Dari Botol Plastik

Pada artikel yang berjudul 23 contoh kreasi unik daur ulang barang bekas, ZonaKreatif telah menyebutkan beberapa contoh daur ulang barang bekas yang ada di rumah, mulai dari peralatan rumah tangga, perabot, elektronik, hingga sampah yang menurut anda tidak berharga, botol bekas misalnya.

Nah, pada artikel kali ini, kami sengaja mengupas habis berbagai ide unik dan kreatif daur ulang barang bekas dari botol plastik yang kami lansir dari berbagai sumber baik blog dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut 71 Ide kreatif daur ulang barang bekas dari botol plastik:

  1. Peredam suara dari botol bekas.

Tahukah anda botol plastik ternyata termasuk salah satu benda yang memiliki daya peredam suara yang baik. Jika anda ingin memiliki ruangan baca, kerja maupun ruangan lainnya yang tenang dari suara bising, anda bisa mendaur ulang botol plastik bekas untuk dijadikan peredam suara sekaligus penyekat ruangan.

Penemuan ini dipopulerkan oleh biro arsitek ternama Dytham Architecture yang mendesain ruangan seperti gambar di bawah ini.

 

  1. Atap garasi dari botol bekas.

Sebuah mobil maupun kendaraan roda empat lainnya memang membutuhkan tempat yang cukup lebar untuk dijadikan garasi. Terlebih bagi anda yang terlanjur mendesain rumah sedemikian rupa hingga tak ada satupun ruangan yang bisa dijadikan garasi.

Jangan khawatir, botol plastik bekas bisa membantu anda. Yang anda butuhkan hanya kayu, besi, maupun bahan lainnya untuk dijadikan sebagai kerangka garas. Pastinya yang terpenting adalah lahan. Lalu tata botol plastik bekas anda serapat mungkin (atau dilapisi plastik), dijamin mobil anda bebas dari hujan maupun panas.

 

  1. Atap taman dari botol bekas.

Memang sebuah tanaman akan tumbuh dan berkembang saat disiram air. Tapi ada sebagian tanaman yang justru akan mati jika mendapatkan air terlalu banyak, seperti: cabai, anggrek, dan sejenisnya. Nah, daripada anda merogoh kocek untuk membuat atap taman, kenapa tidak mendaur ulang sampah botol bekas yang ada saja?

 

  1. Kebun vertikal dari botol bekas.

Tak perlu punya lahan luas untuk membuat kebun di depan maupun belakang rumah. Ini buktinya ide kreatif membuat kebun vertikal dari barang bekas.

 

  1. Vas bunga gantung dari botol bekas.

Terkadang vas bunga gantung terlihat lebih elegan digunakan daripada yang terletak di bawah. Tapi anda harus memikirkan risikonya jikalau vas bunga gantung anda tiba-tiba jatuh tertiup angin atau dikarenakan sebab lainnya.

Untuk itulah, gunakan vas bunga yang aman dan murah meriah dengan mendaur ulang barang bekas dari botol plastik. Anda hanya perlu mewarnai dengan desain pilihan anda sehingga tampak cantik dan indah.

 

  1. Taman minimalis dari botol bekas.

Setelah bangun tidur enaknya membuka jendela dan melihat bunga yang indah memang bisa menambah semangat pagi. Tapi karena kesibukan yang padat, sepertinya nggak ada waktu untuk mengurus bunga di taman jendela. Yang ada malah bunga-bunga pada mati karena tak terurus 🙁

Nah, bunga hias buatan hasil daur ulang sampah botol plastik bekas bisa anda jadikan solusi. Selain mempercantik kamar dan menambah semangat di pagi hari, anda tidak perlu mengurusnya tiap hari, paling-paling cuma menyemprotnya dengan air seminggu sekali di akhir pekan agar tidak berdebu, cukup simpel bukan?

 

  1. Tirai warna-warni dari botol bekas.

Jika anda memiliki tumpukan sampah berbagai macam botol bekas, mulai dari kecil, sedang, hingga ukuran besar, cocok banget untuk mencoba ide unik daur ulang barang bekas dari botol plastik yang satu ini. Untuk tutorial cara membuatnya, kami sudah menjelaskan secara detail pada artikel yang berjudul tirai atau gorden warna-warni dari botol bekas.

 

  1. Hiasan dinding atau tirai cantik dari botol bekas.

Tirai cantik dengan berbagai jenis motif yang beragam tidak hanya berfungsi sebagai tirai atau gorden saja, tapi juga berfungsi sebagai hiasan dinding atau hiasan rumah.

Kalau tirai yang berbahan kain sudah biasa, hampir semua rumah ada, tapi tirai dari botol plastik bekas ini sangat unik dan cantik, dijamin tamu anda akan terpukau dan tertarik untuk memilikinya. Tutorial cara membuat tirai daur ulang di artikel hiasan dinding atau tirai dari botol plastik bekas.

 

  1. Bunga hias dari botol bekas.

Tidak semua orang suka dengan hiasan bunga hidup karena berbagai alasan, sehingga banyak sekali pabrik atau pengrajin yang menjual aneka macam kerajinan tangan bentuk bunga dengan bahan yang bermacam-macam.

Jika anda termasuk salah satu pecinta bunga hias buatan (mati), tidak ada salahnya untuk mencoba kreasi unik ini. Selain tidak perlu keluar biaya mahal, anda bisa memanfaatkan sampah yang ada dan bisa berkreasi sesuai keinginan.

 

  1. Ikan hias dari botol bekas.

Pengen punya akuarium dengan berbagai jenis ikan yang cantik tapi tidak ada tempat, buat ikan hias saja. Hitung-hitung mengurangi sampah di rumah dan menambah dekorasi dengan mendaur ulang botol bekas.

Untuk tutorial cara membuatnya anda sudah tahu kan? Bagi anda yang belum tahu, bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul kreasi unik ikan hias dari botol bekas.

 

  1. Gelas hias dari botol bekas.

Gelas hias identik dengan bahan kaca maupun keramik, karena memang gelas hias dari kedua bahan tersebut tampak elegan dan cantik. Tapi kalau dilihat dari sisi keamanan gimana? Apalagi anda memiliki anak yang aktif, sehingga barang-barang yag disimpan pun terpaksa harus keluar dari tempat yang seharusnya.

Agar aman dari jangkauan anak-anak, siasati saja gelas hias di rumah anda dengan bahan plastik anti pecah, salah satunya dengan menggunakan botol bekas. Selain mendaur ulang barang bekas yang ada, budget untuk properti rumah anda pun terkurangi. Berikut tuturial cara membuatnya cara membuat gelas hias dari botol bekas.

 

  1. Teko dan cangkir hias dari botol bekas.

Disamping gelas hias, akan terasa lebih lengkap jika anda menambahkan hiasan rumah berbentuk teko dan cangkir. Anda bisa meletakkan dalam lemari maupun di atas meja. Tutorial cara membuatnya di artikel yang berjudul kerajinan tangan hiasan teko dan cangkir dari botol bekas.

 

  1. Boneka pinguin hias dari botol bekas.

Kalau gelas, cangkir, dan teko hias biasanya diletakkan pada ruang tamu maupun ruang makan, lain halnya dengan pajangan yang satu ini. Justru boneka pinguin hias lebih sering diletakkan di kamar. Entah diletakkan di atas meja belajar maupun di rak yang menempel di dinding. Cara membuatnya pada artikel sebelumnya yaitu membuat pajangan boneka pinguin dari botol soda bekas.

 

  1. Hiasan kaktus unik dari botol bekas.

Sama halnya dengan hiasan boneka pinguin, kaktus hias ini lebih cocok diletakkan di kamar, terutama di sekitar jendela kamar.

Anda tinggal melubangi botol plastik bekas sesuai bentuk yang anda inginkan. Lalu meletakkannya pada sebuah pot entah dengan posisi botol menghadap ke atas maupun dengan posisi terbalik. Sungguh unik dan mudah bukan cara membuatnya!

 

  1. Gantungan tisu gulung dari botol bekas.

Pada artikel sebelumnya, ZonaKreatif.com telah berbagi tips dan trik cara membuat gantungan tisu gulung dengan mendaur ulang kardus bekas. Bagi anda yang belum tahu caranya, bisa membaca di artikel yang berjudul cara membuat tempat tisu roll atau gulung dari kardus bekas.

Untuk kali ini, kami berbagi tips unik dan patut anda coba. Karena di samping cara membuatnya yang cukup mudah dan sederhana, anda tidak perlu membutuhkan banyak bahan, cukup dengan memotong botol plastik bekas air mineral dan meletakkan kayu di tengahnya. Gampang kan?

 

  1. Perahu botol dari botol bekas.

Bagi anda yang berada di daerah rawan banjir atau harus melewati sungai terlebih dahulu saat beraktivitas, tips cerdik ini sangat membantu. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membuat perahu maupun menyewa, cukup mendaur ulang botol bekas saja. Tapi pastikan benar ya membuatnya, karena keselamatan tetap nomor 1.

 

  1. Rumah dari botol bekas.

Kalau anda memiliki tumpukan sampah botol plastik bekas, anda bisa mendaur ulang botol bekas tersebut menjadi sebuah rumah. Terkesan mengada-ngada memang, tapi hal ini benar adanya.

 

  1. Atap rumah atau genteng dari botol bekas.

Selain bisa dijadikan rumah, botol bekas juga bisa didaur ulang menjadi atap rumah maupun genteng. Cara membuatnya sangat mudah. Anda tinggal memotong bagian tengah botol dan membelahnya lalu menyatukan dengan potongan botol bekas lainnya menggunakan staples.

 

  1. Pagar rumah dari botol bekas.

Banyak sekali bahan yang bisa dijadikan untuk membuat pagar, mulai dari kayu, besi, beton, kapur, dan sejenisnya. Bahkan botol plastik bekas pun bisa. Nggak percaya? Buktikan sendiri!

 

  1. Kursi sofa dari botol bekas.

Jarang sekali ada pengrajin yang mau menjual kursi sofa per biji, karena biasanya memang didesain per set lengkap dengan mejanya. Jika anda termasuk orang yang butuh hanya satu kursi sofa maupun dalam jumlah yang sedikit, anda bisa mempraktekkan ide kreatif ini.

ZonaKreatif.com sudah berbagi tutorial cara membuat kursi sofa dengan cara mendaur ulang sampah botol plastik bekas, berikut artikelnya daur ulang botol bekas menjadi kursi sofa.

 

  1. Sandal dari botol bekas.

Di daerah tetangga negeri sakura (Jepang) telah menemukan inovasi terbaru membuat sandal maupun alas kaki dari plastik bekas, seperti gambar di bawah ini.

Tapi anda nggak perlu repot-repot membuat yang serupa seperti mereka, karena prosesnya pasti agak ribet, jadi cukup dengan cara ini saja, hehehe.

 

  1. Lampu gantung dari botol bekas.

Kalau mau yang simpel dan nggak ribet, ya cukup dengan memotong botol bekas lalu membelahnya pada tiap sisi botol dan mengaitkan pada kap lampu. Tinggal dipasang dech lampunya pada bagian tengah seperti ini.

 

  1. Lampu tidur dari botol bekas.

Kami pernah berbagi tutorial cara membuat lampu tidur dari batok kelapa, sudah mencobanya belum? Kali ini bukan batok kelapa lagi yang dipakai, tapi botol plastik bekas. Gimana tuch caranya?

Sebenarnya cara membuat lampu tidur dari botol bekas terbilang mudah, tapi butuh kehati-hatian, karena bahan yang digunakan adalah botol plastik, jadi pastikan kap lampu tidur anda aman dari panas pada saat anda menyalakannya.

 

  1. Lampu hias dari botol bekas.

Kalau untuk lampu hias yang satu ini, tidak diragukan lagi keindahannya. Ya wajar saja, sesuai lah dengan usaha yang dikeluarkan. Bayangkan saja, motongin botol berapa biji itu, belum lagi merangkai satu-persatu.

 

  1. Lampu tenaga surya dari botol bekas.

Memang lampu tenaga surya ini bukan berarti yang sebenarnya, karena lampu jenis ini hanya memantulkan cahaya matahari, bukan menyimpannya. Meskipun begitu, lumayan membantu anda jika di siang hari anda membutuhkan penerangan, apalagi pada saat listrik mati. Tapi hanya di tempat gelap saja dia bisa menyala.

 

  1. Bungkus kado dari botol bekas.

Meskipun harga bungkus kado tidak seberapa, tapi tidak ada salahnya anda mencoba membuat bungkus kado sendiri. Selain mengurangi sampah botol di rumah, kesan yang anda dapatkan pasti berbeda, karena memang unik dan kreatif.

Apalagi kado tersebut untuk pasangan atau orang kesayangan. Dijamin nggak bakal ada yang nolak kalau dapat pujian dari si doi. Makanya buruan bikin, cara membuat bungkus kado unik bisa anda pelajari di sini bungkus kado unik dan simple dari botol bekas.

 

  1. Dompet koin dan peralatan jahit/sejenisnya dari botol bekas.

Untuk ide unik dan kreatif yang satu ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa dibilang gampang? Anda hanya perlu memotong bagian bawah kedua botol dan menyatukannya. Bagian penyatuan inilah yang agak susah, karena menggunakan ritsleting.

Meskipun hanya menempelkan ritsleting pada kedua potongan botol dengan menggunakan lem tembak, anda harus dapat memastikan ritsleting melekat pada botol dengan kuat. Karena jika tidak, dompet koin maupun wadah pensil, wadah peralatan jahit dan lainnya tidak akan bertahan lama.

 

  1. Gelang cantik dari botol bekas.

Aksesoris cantik tidak harus mahal lho. Karena jika anda mau sedikit berfikir kreatif dan mencobanya, ada begitu banyak ide kreatif untuk membuat aksesoris cantik dari barang bekas. Salah satunya adalah gelang cantik dari botol shampoo ini. Intip tutorial cara membuatnya pada artikel aksesoris gelang unik dari botol bekas shampoo.

 

  1. Gelang unik dari botol bekas.

Yuk tambah koleksi aksesorismu. Tidak harus merogoh kocek lho ya, anda bisa berkreawi sendiri dengan cara mendaur ulang barang bekas dqri botol plastik seperti gelang unik ini.

Cara membuatnya sangat mudah. Bagi yang belum tahu caranya, bisa lihat pada artikel yang berjudul gelang unik dan praktis dari botol bekas.

 

  1. Bros jilbab dari botol bekas.

Bagi sebagian orang, aksesoris kecil ini seringkali dianggap sepele. Entah karena sekarang sudah banyak yang menjual jenis hijab/jilbab instan (jadi tidak perlu lagi memakai bros) atau karena faktor lainnya.

Tapi bagi anda pecinta bros, nggak ada salahnya untuk mencoba tips yang satu ini, dijamin orang yang melihatnya nggak akan tahu kalau bros yang anda pakai dari botol plastik bekas. Tutorial cara membuatnya bisa anda baca di artikel yang berjudul kerajinan bros jilbab bentuk bunga dari botol bekas.

 

  1. Tatakan coklat, permen, dan manisan dari botol bekas.

Menjamu tamu dengan berbagai jenis coklat, permen, dan manisan memang terasa ribet kalau harus memakai wadah satu-satu. Bayangkan saja kalau suguhan anda ada 10 jenis coklat, apa nggak ribet dan menuhin meja tamu anda?

Makanya bikin tatakan coklat, permen, dan manisan minimalis ini. Nggak perlu harus beli bahan baru, tapi daur ulang saja sampah yang ada di rumah, salah satunya botol plastik bekas. Tinggal dikreasikan dech mau bentuk seperti apa!

 

  1. Tatakan/wadah aksesoris dari botol bekas.

Selain bisa didaur ulang menjadi tatakan permen, coklat dan sejenisnya, botol plastik bekas juga bisa dijadikan tatakan aksesoris lho seperti gambar di bawah ini.

Untuk lebih mudahnya, 1 wadah tatakan isi dengan aksesoris yang sejenis, semisal wadah paling bawah diisi kalung, wadah atasnya gelang, dan seterusnya. Jadinya sebelum pergi, anda tidak perlu habisin waktu hanya untuk mencari aksesoris yang mau anda pakai.

 

  1. Hiasan bentuk apel dari botol bekas.

Apel hasil daur ulang sampah botol bekas ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai pajangan atau hiasan saja, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai toples mini yang imut untuk menjamu tamu anda.

Bisa anda isi dengan coklat, permen, manisan, dan juga jajanan bentuk kecil seperti kacang-kacangan maupun sejenisnya. Tapi anda juga bisa mengosongkannya, hanya sebagai pajangan.

 

  1. Tatakan lilin dari botol bekas.

Bukan hanya pada saat listrik mati saja anda butuh lilin, tapi pada saat anda ingin merubah suasana rumah menjadi romantis pun butuh lilin. Nah, lengkapi suasana romantis anda dengan mendaur ulang botol bekas menjadi tatakan lilin seperti ini, cantik dan inspiratif bukan?

 

  1. Tatakan buku/book organizer dari botol bekas.

Mengisi penuh rak dengan berbagai macam buku pastinya terlihat cukup rapi. Tapi jika anak anda maupun anggota keluarga lainnya mengambil buku dan mengembalikannya tanpa menata kembali, pasti buku di rak amburadul dan miring ke kanan maupun ke kiri, bahkan terjatuh.

Untuk menyiasatinya, buat tatakan buku dari botol bekas, yang berfungsi seperti pembatas buku di rak anda. Bahkan tanpa menggunakan rak sekalipun, anda bisa menjadikan tatakan buku hasil daur ulang botol bekas ini sebagai rak buku.

 

  1. Tempat menyimpan majalah/koran dari botol bekas.

Kebanyakan orang menaruh majalah maupun koran di bawah meja. Nggak ada yg salah sih dengan kebiasaan itu. Namun, apa nggak risih saat majalah dan koran tersebut berantakan. Makanya butuh tempat khusus untuk menyimpannya.

Nah, anda bisa membuat tempat menyimpan majalah maupun koran dari barang bekas. Selain mendaur ulang sampah yang ada di rumah, dijamin rumah anda akan terlihat rapi.

 

  1. Sapu dari botol bekas.

Sudah tidak asing lagi yang namanya sapu, hampir semua rumah membutuhkannya. Memang beli peralatan rumah tangga ini tidaklah mahal harganya, tapi kalau anda bisa membuatnya sendiri, kenapa tidak? Syukur-syukur jadi ide bisnis rumahan anda. Lihat cara membuatnya yuk pada artikel yang berjudul membuat sapu sendiri dari botol soda bekas.

 

  1. Cikrak atau pengki dari botol bekas.

Tiap ada sapu, pastinya ada pasangannya, yaitu cikrak (jawa) atau pengki. Kalau sapu saja membuat sendiri, ngapain pengki harus beli, daur ulang barang bekas juga dong. Lihat caranya di artikel bagaimana cara membuat pengki dari botol bekas atau jerigen plastic.

 

  1. Organizer plastik bekas/plastic bag dispenser dari botol bekas.

Tiap kali anda membeli sesuatu pastinya ada plastik kresek bekas bukan, lama-lama jadi numpuk banyak. Sebelum anda sempat untuk mendaur ulang plastik bekas tersebut, contohnya seperti pada artikel yang berjudul karya seni kreatif dari plastik kresek bekas, atau menggunakannya untuk menyimpan sayur dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya kan anda menyimpannya terlebih dahulu. Biar rapi dan nggak berantakan, coba tips yang satu ini. Caranya gampang banget, semua orang pasti bisa membuatnya.

 

  1. Tempat pensil/sikat gigi dari botol bekas.

Pada artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan tuturial cara membuat tempat pensil yang satu ini. Bagi anda yang belum tahu caranya, silahkan lihat pada artikel cara membuat tempat pensil dari botol bekas.

Selain sebagai tempat pensil, wadah daur ulang barang bekas dari botol plastik ini juga bisa dijadikan sebagai wadah sikat dan pasta gigi, maupun benda sejenisnya.

 

  1. Kotak pensil burung hantu dari botol bekas.

Bahannya sama dari botol bekas, tapi anda bisa mengkreasikannya dengan bentuk yang berbeda, seperti kotak pensil burung hantu ini. Lihat cara membuatnya di artikel yang berjudul lukis kotak pensilmu menjadi burung hantu.

 

  1. Wadah multiguna dari botol bekas.

Untuk wadah yang satu ini memang benar-benar multiguna. Mau anda jadikan sebagai wadah makanan, peralatan tulis, peralatan jahit, peralatan rajut, bahkan peralatan bengkel sekalipun terasa sah-sah saja.

 

  1. Tempat makan burung dari botol bekas.

Sebenarnya ada wadah khusus untuk tempat makan burung peliharaan. Tapi untuk berhemat, anda bisa membuat sendiri dengan mendaur ulang barang bekas dari botol. Tidak perduli tempat makan burung terbuat dari apa, yang penting kan burung masih tetap bisa makan.

 

  1. Tempat makan kucing peliharaan dari botol bekas.

Sama halnya dengan tempat makan burung, botol bekas juga bisa didaur ulang menjadi tempat makan kucing peliharaan. Bedanya anda tidak perlu membuat gantungan seperti tempat makan burung.

 

  1. Keranjang baju kotor dari botol bekas.

Hasil daur ulang barang bekas dari botol plastik yg satu ini memang keren. Gimana tidak? Dari botol plastik bekas yang berbentuk tabung itu bisa disulap menjadi keranjang baju kotor.

Cara membuatnya gimana ya? Silahkan lihat tutorial pada gambar di bawah ini. Keranjang baju kotor juga bisa dimanfaatkan sebaga wadah mainan anak. Namun, pastikan ujung keranjang aman dan tidak melukai tangan si kecil dengan cara melapisi semua ujung keranjang menggunakan baju bekas maupun sejenisnya.

 

  1. Gantungan baju dari botol bekas.

Unik tapi nyata. Iya, ungkapan ini sepertinya cocok untuk menggambarkan hasil daur ulang barang bekas berupa gantungan baju ini. Pasang besi dan sejenisnya pada botol bekas (secara utuh tanpa ada yang dibuang) lalu tempelkan pada dinding. Jadilah gantungan baju dari botol bekas, unik bukan?

 

  1. Hanger baju dari botol bekas.

Tidak jauh beda dengan gantungan baju di atas, hanger baju yang satu ini juga unik, tapi patut untuk dicoba.

 

  1. Wadah cat dari botol bekas.

Anda termasuk orang yang hobi melukis? Atau hanya melukis pada saat mood lagi baik saja. Kalau begitu, nggak perlu beli wadah cat segala, manfaatkan saja botol bekas/jerigen bekas untuk dijadikan wadah cat. Ditambah lagi anda bisa menyimpan kuas pada lubang botol, praktis kan?

 

  1. Tatakan gelas dispenser dari botol bekas.

Nah, hasil daur ulang barag bekas yang satu ini sangat cocok Bagi anda pengguna dispenser yang seringkali mengeluh air tumpah maupun menetes pada saat anda mengambil air. Cara membuatnya sangat mudah. Jadi tunggu apalagi, praktekkan segera!

 

  1. Lemari loker dari botol bekas.

Lemari loker identik dengan lemari yang berada di tempat kerja, sekolah, kampus, rumah sakit, dan tempat umum lainnya. Tapi tidak menutup kemungkinan anda memilikinya di rumah bukan?

Daripada beli dengan harga yang lumayan mahal, mending mendaur ulang barang bekas menjadi sesuatu yang berguna, termasuk lemari loker.

 

  1. Loker sederhana dari botol bekas.

Kalau anda tidak memiliki botol bekas di rumah sebanyak yang diperlukan untuk membuat lemari loker, anda masih bisa membuat loker kok, tapi dengan bentuk yang kecil dan sederhana. Jadi lebih simpel dan fleksibel, bisa dipindahkan kemana-mana.

 

  1. Tempat sampah dari botol bekas.

Jika anda termasuk orang yang menganggap botol bekas di rumah adalah sampah yang harus dibuang atau dibiarkan saja, anda salah besar. Karena dari beberapa botol bekas bisa didaur ulang menjadi tempat sampah.

 

  1. Gembor/alat penyiram tanaman dari botol bekas.

Botol bekas bisa didaur ulang menjadi gembor/alat penyiram tanaman lho. Anda cukup melubangi tutup botol bekas dengan menggunakan paku atau sejenisnya. Pilih botol bekas yang ada pegangannya ya, agar lebih mudah saat menyiram tanaman.

 

  1. Segel plastik dari botol bekas.

Seringkali makanan manis yang kita simpan di dalam plastik dikerumuni semut, bahkan semut bisa masuk ke dalamnya, padahal plastik sudah terikat kuat. Nah, untuk mengatasinya anda perlu mencoba tips yang satu ini, yaitu membuat segel plastik dari botol bekas. Dijamin plastik makanan anda akan tertutup rapat dan semut pun tidak bisa masuk.

 

  1. Wadah bumbu dapur dari botol bekas.

Kalau sebelumnya anda bisa menaruh makanan, biji-bijian maupun lainnya dengan plastik yang bersegel botol bekas. Namun kali ini anda cukup menggunakan botol bekas sebagai wadah bumbu dapur.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya membutuhkan 2 buah botol bekas menjadi 1 wadah, dengan menggabungkan kedua potongan botol menjadi satu layaknya wadah koin, tapi tanpa menggunakan ritsleting.

 

  1. Tempat charger HP dari botol bekas.

Daripada botol bekas shampoo maupun botol bekas lainnya terbuang sia-sia, ditambah tiap ngecharger hp harus ribet kabelnya kemana-mana, mending anda daur ulang botol bekas menjadi tempat charger hp. Cukup membuat satu tempat charger hp saja, bisa anda pakai berkalli-kali. Udah nggak berantakan lagi kan?

Bagi yang belum tahu cara membuat tempat charger hp, bisa anda lihat pada artikel  yang berikut ini ide membuat tempat charger hp dari botol bekas.

 

  1. Wadah gulungan benang dari botol bekas.

Ide kreatif ini bisa dipakai bagi anda yang suka merajut, sedang belajar merajut, maupun bagi anda yang hobi dengan gulungan benang. Jadi tidak khawatir benang terlepas dari gulungan. Di samping benang tetap rapi, cara sederhana ini juga mempermudah anda dalam proses merajut.

 

  1. Alat penyiram taman dari botol bekas.

Memang menyenangkan bisa menyiram halaman dan taman yang luas sambil menikmati hri-hari santai di rumah. Tapi berlaku kebalikannya jika anda termasuk orang yang sibuk entah karena urusan bisnis, kantor, maupun urusan lainnya.

Kalau menyewa tukang kebun atau membuat alat penyiram taman yang sebenarnya, pasti pengeluaran akan bertambah bukan? Nah, untuk berhemat, anda bisa mendaur ulang sampah botol bekas untuk dijadikan alat penyiram tanaman.

Cara membuatnya sangat mudah, anda tinggal membuat beberapa lubang di botol lalu masukkan ujung selang air ke mulut botol. Usahakan ukurannya pas agar botol tidak lepas. Jika longgar, anda bisa menggunakan isolasi maupun bahan lainnya untuk mengikat. Anda juga bisa memasang roda di botol, jadi kalau mau pindah tempat, tinggal tarik selang tanpa khawatir botol terlepas.

 

  1. Wadah siraman bunga/pohon dari botol bekas.

Tidak semua tanah tempat anda menanam bunga atau pohon bisa menyerap air dengan baik bukan, apalagi jenis tanah liat dan tanah pasir. Jadi butuh cara khusus agar tanaman anda tetap hidup.

Anda bisa mendaur ulang barang bekas menjadi wadah air siraman. Botol bekas dilubangi sesuai jumlah tanaman. Lalu tanam di dekat tanaman dengan menyisakan mulut botol. Tinggal anda mengisi botol yang anda tanam setiap kali menyiram tanaman. Mudah kan?

 

  1. Hiasan Natal dari botol bekas.

Budget untuk menghias rumah saat Natal bisa dibilang lumayan, apalagi banyak anak-anak. Nah, untuk mengurangi pengeluaran anda bisa berkreasi sendiri dengan membuat hiasan Natal dari botol bekas.

 

  1. Filter air dari botol bekas.

Botol bekas juga bisa disulap menjadi filter air lho. Untuk cara membuatnya bisa anda baca di artikel yang berjudul cara membuat filter air sederhana.

 

  1. Pemeras jeruk/juicer dari botol bekas.

Pastinya anda nggak pernah menyangka kan kalau botol plastik bekas bisa didaur ulang menjadi pemeras jeruk/juicer. Memang nggak semua botol bekas bisa, hanya botol plastik bekas yang berbentuk seperti ini saja.

 

  1. Hiasan bunga angsa dari botol bekas.

Botol bekas juga bisa disulap menjadi hiasan angsa. Tidak hanya sebagai hiasan taman saja, tapi bisa berfungsi sebagai vas bunga.

 

  1. Lunch box dari botol bekas.

Sebenarnya, lunch box yang dijual di pasaran maupun super market harganya relatif terjangkau. Tapi bagi orang yang suka gonta-ganti lunch box/memang pecinta barang unik, tidak salahnya anda coba. Karena selain nambah koleksi lunch box anda juga mengurangi sampah yang ada di rumah.

Bagi yang belum tahu cara membuat lunch box dari botol bekas, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul kreasi unik wadah sandwich atau lunch box dari jerigen bekas.

 

  1. Pohon Natal dari botol bekas.

Bagi yang biasa merayakan Natal, tidak ada salahnya sesekali anda membuat pohon natal dari botol bekas, biar matching juga dengan hiasan Natal yang anda buat sebelumnya.

 

  1. Gantungan payung dari botol bekas.

Selain menggantungkan payung dengan menggunakan kayu, anda bisa mencoba gantungan payung dari botol bekas ini. Bukan hanya payung saja, benda-benda sejenisnya pun bisa anda gantungkan. Dengan catatan ukurannya pas agar tidak jatuh.

 

  1. Rak sendok dan garpu dari botol bekas.

Bagi anda yang kurang begitu suka dengan rak model nempel di atas meja, anda bisa membuat rak yang menggantung. Tidak perlu beli bahan baru untuk membuatnya, cukup mendaur ulang sampah botol bekas saja. Bisa untuk gantungan pisau maupun peralatan dapur lainnya.

 

  1. Wadah sabun dari botol bekas.

Botol bekas bisa disulap menjadi tempat sabun lho. Jadi nggak perlu beli wadah sabun.

 

  1. Anting-anting dari botol bekas.

Seperti halnya gelang, aksesoris anting-anting ini juga terbuat dari botol bekas.

 

  1. Ring atau pengikat napkin dari botol bekas.

Seringkali kita menemukan napkin yang tertata rapi di atas meja dengan ring atau pengikat. Anda sebenarnya bisa menyiasai ring tersebut menggunakan botol bekas. Sama seperti anda membuat bunga untuk bros jilbab.

 

  1. Tempat menyimpan kunci dari botol bekas.

Tidak semua orang nyaman membawa kunci saat bepergian, justru mereka malah sengaja meninggalkan kunci di sekitar rumah. Jika anda termasuk salah satu dari mereka, perlu mencoba tips ini.

Anda bisa menyimpan kunci di dalam botol bekas ukuran kecil yang lengkap dengan tutupnya. Tancapkan/tanam botol di taman sekitar rumah dan tutup dengan hiasan kura-kura maupun sejenisnya yang mana orang lain tidak terfikir bahwa itu sebuah kunci.

Bagaimana komentar Anda?