29 Contoh Daur Ulang Sampah Botol Bekas Menjadi Mainan Anak-anak

Setelah membahas 71 ide kreatif daur ulang barang bekas dari botol plastik, ternyata masih ada begitu banyak kreasi daur ulang sampah lainnya yang berbahan botol plastik bekas yang patut anda coba. Apalagi yang menyangkut dengan mainan anak-anak.

Memang harga mainan anak-anak bervariasi, mulai dari harga murah meriah hingga ratusan ribu. Meskipun terbilang murah dan terjangkau, anak-anak sering kali mudah bosan dengan mainan tertentu dan minta dibelikan yang baru. Nah, kalau sudah begini, bisa saja budget untuk membeli mainan baru mencapai puluhan bahkan ratusan ribu.

Sebagai orang tua, anda harus pandai dan kreatif dalam menyiasatinya. Karena jika anda terlalu melarang anak-anak untuk bermain, pastinya akan mengganggu tumbuh kembangnya, begitu juga sebaliknya, anda terlalu menuruti keinginan anak-anak yang memang tidak ada habisnya, maka siap-siap saja budget pengeluaran anda akan membengkak.

Padahal, anak-anak belum bisa membedakan mana mainan yang mahal dan mana mainan yang murah. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan ini dengan cara membuat sendiri mainan anak-anak dari daur ulang sampah botol bekas.

Selain anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli mainan, anda juga secara tidak langsung mengajarkan ke anak-anak untuk berpikir dan bertindak kreatif dengan cara mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang berharga. Dalam hal ini, pastinya anda mengajak anak-anak untuk ikut andil dalam pembuatan mainan.

Penasaran nggak kira-kira mainan anak-anak seperti apa yang bisa anda buat sendiri dengan mendaur ulang limbah botol plastik bekas. Berikut 29 contoh mainan anak-anak hasil daur ulang sampah botol plastik bekas:

 

1. Wadah serbaguna.

Untuk menempatkan barang kecil sebagai wadah penyimpanan tidak harus selalu beli, karena anda bisa mendaur ulang sampah botol bekas untuk dijadikan wadah penyimpanan barang serbaguna.

 

2. Boeling minion.

Jika anak anda senang bermain boeling, anda bisa membuatkan boeling sendiri dari hasil daur ulang sampah botol plastik bekas, jadi anda tidak perlu pergi ke tempat game, dengan begitu anda bisa berhemat.

 

3. Mobil-mobilan.

Punya koleksi mobil banyak dan variatif pastinya si kecil bakal senang kegirangan, tapi kalau harus beli semuanya, orang tualah yang bakal kebingungan. Nah, anda buat sendiri saja, bisa bebas berkreasi.

 

4. Mainan anak-anak helicopter.

Memang butuh sedikit ketelitian untuk membuat mainan yang satu ini, tapi kalau anda sabar pasti hasilnya bakal memuaskan.

 

5. Mainan anak-anak pesawat.

Banyak sekali anak-anak yang suka dengan mainan pesawat, entah karena bentuknya yang unik ataukah karena bisa terbang di udara. Yang pasti, mereka akan bangga jika bisa memiliki mainan pesawat. Anda juga bisa memanfaatkan botol plastik bekas untuk membuat sendiri mainan anak-anak ini.

 

6. Mainan kura-kura.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, tapi hasil daur ulang sampah dari botol plastik bekas ini juga bisa anda desain untuk mainan anak-anak. Tertarik untuk membuatnya? Simak tutorial cara membuatnya di artikel berikut ini daur ulang botol bekas menjadi mainan anak bentuk kura-kura.

 

7. Boneka sumo.

Meskipun tidak semua anak paham dengan jenis olah raga sumo, tapi mereka pasti bakal senang jika bisa memiliki boneka sumo ini. Karena bentuknya yang lucu dan unik. Untuk tutorial cara membuatnya, anda bisa pelajari pada artikel boneka lucu sumo dari botol bekas.

 

8. Boneka snowman atau manusia salju.

Anak kecil identik dengan hal-hal yang lucu, imut, dan menggemaskan, salah satunya snowman atau boneka salju buatan sendiri hasil daur ulang sampah botol plastik bekas. Pelajari tutorial cara membuatnya pada artikel yang berjudul membuat snowman atau boneka salju dari botol bekas.

 

9. Mainan terompet.

Rata-rata mainan anak-anak bentuk terompet terbuat dari karton maupun kertas sejenisnya. Sehingga dapat dipastikan umurnya tidak bertahan lama. Untuk itu, tidak ada salahnya anda membuat terobosan baru dengan membuat terompet dari botol plastik bekas. Pastinya selain langka dan unik, mainan ini bakal bertahan lebih lama dibandingkan dengan terompet yang berbahan kertas atau karton.

Anda bisa mencobanya dengan mempelajari cara-cara membuat mainan anak-anak bentuk terompet hasil daur ulang limbah botol plastik bekas pada artikel yang berjudul kerajinan tangan terompet sederhana dari botol bekas.

 

10. Mainan roket anak-anak.

Selain pesawat dan helikopter, terkadang anak antusias dengan benda yang bisa terbang, seperti roket misalnya. Meskipun sebenarnya mainan roket anak-anak ini tidak bisa terbang seperti mestinya, tapi dari bentuknya tidak kalah dengan roket beneran.

Cara membuatnya gimana ya? Anda bisa mempelajari tutorial cara membuat mainan roket untuk anak dari botol plastik bekas di website kami. Jika anda ingin mainan roket bisa meluncur seperti aslinya, maka anda perlu mengisi roket dengan air lalu sambungkan dengan pompa. Metode ini menggunakan metode tekanan sehingga roket bisa meluncur, seperti contoh mainan anak-anak bentuk roket berikut ini.

 

11. Genta angin.

Botol plastik bekas juga bisa didaur ulang menjadi genta angin. Anda hanya perlu membuang bagian tengah botol lalu menggantinya dengan beberapa potongan kertas yang sama ukuran. Usahakan memakai kertas warna-warni agar genta angin terlihat indah pada saat terkena sinar matahari dan bergerak terkena angin.

 

12. Mainan anak-anak rumah boneka.

Anak perempuan kebanyakan lebih menyukai mainan bentuk boneka maupun bongkar pasang. Biasanya mereka menggunakan apa saja untuk membuat sebuah rumah. Nah, anda bisa membuatkan rumah untuk bonekanya dengan cara mendaur ulang sampah dari botol plastik bekas.

 

13. Celengan babi.

Ajarkan anak-anak untuk selalu menabung sedini mungkin. Bentuk celengan yang unik dan lucu bisa menambah semangat mereka dalam menabung. Anda tidak perlu membeli celengan baru, tapi cukup dengan mendaur ulang sampah yang ada, yaitu botol plastik bekas.

 

14. Gelang warna-warni dari botol bekas.

Kalau anda bisa membuatkan gelang sendiri untuk anak-anak, kenapa harus beli? Selain mempererat hubungan anda dengan si kecil, anda juga bisa mengajarkan ke dia tentang manfaat barang bekas jika kita olah menjadi barang yang berguna. Dengan begitu, anda sebenarnya telah menanamkan jiwa kreatif kepada si kecil.

Untuk tutorial membuatnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul daur ulang botol plastik bekas menjadi gelang warna-warni.

 

15. Kincir angin.

Punya rumah dengan lahan yang luas memang indah, apalagi ditambah udara yang kencang. Untuk memanfaatkan apa yang ada, tak jarang banyak penjual mainan anak-anak yang menjual kincir angin. Meskipun merupakan mainan sederhana, tak ada salahnya anda membuat sendiri kincir angin dari botol bekas. Hitung-hitung mengurangi sampah yang ada dan menghemat biaya.

 

16. Mainan ikan hiu.

Untuk mainan anak ikan hiu yang satu ini cara membuatnya sangatlah mudah. Anda perlu memotong botol menjadi dua bagian. Gunakan potongan bagian atas botol, lalu bentuk seperti gigi hiu yang tajam. Dan cat sesuai warna yang anda inginkan.

Potong sisa botol yang tidak terpakai untuk membuat sisip ikan hiu. Lubangi badan hiu sepanjang sisip yang anda buat. Untuk memudahkan proses pengecatan, anda bisa mengecat sisip terlebih dahulu sebelum memasangkan dengan badan hiu.

 

17. Perahu sederhana.

Bermain air memang merupakan wahana mainan anak-anak yang bisa dibilang favorit. Gimana tidak? Sejak di dalam kandungan pun, si kecil sudah dikelilingi dengan air (air ketuban). Maka dari itu, tidak heran jika si kecil sengaja berlama-lama saat mandi, bukan karena mandinya yang lama, tapi memang sengaja bermain air.

Anda bisa membuatkan sendiri mainan untuk si kecil, seperti perahu sederhana ini. Anda hanya membutuhkan dua botol plastik bekas dan karton, tinggal disatukan menggunakan lem maupun isolasi/double tape, cukup mudah bukan?

 

18. Mainan tarik-menarik.

Tidak sedikit anak-anak yang lebih menyukai jenis permainan adu kekuatan. Selain seru, mereka terkadang merasa bangga jika lebih kuat dan bisa mengalahkan lawannya. Untuk membuat mainan anak-anak tarik-menarik, perhatikan tutorial pada gambar berikut ini.

 

19. Perahu layar.

Pada point sebelumnya kami membahas tentang mainan anak bentuk perahu sederhana. Mainan kali ini juga berbentuk perahu, tapi dengan desain yang lebih bagus. Coba anda buatkan, pasti si kecil sangat menyukainya.

 

20. Mainan ecrek-ecrek/botol buket.

Pastinya anda sering melihat mainan bayi dengan bunyi yang khas, yaitu botol buket atau mainan ecrek-ecrek. Sebenarnya, anda bisa membuatnya sendiri dengan mendaur ulang sampah botol plastik bekas yang ada di rumah.

 

21. Sekop pasir.

Seperti halnya pengki atau cikrak dari botol plastik bekas, botol bekas pun bisa didaur ulang menjadi sekop untuk anak-anak bermain pasir.

 

22. Mainan es kelapa.

Jika anak anda suka bermain pasir di pantai maupun di tempat lainnya, pastinya mainan es kelapa yang satu ini menjadi pelengkap mainan anak anda.

 

23. Boneka kumbang koksi/kepik.

Dengan menggunakan bagian bawah botol plastik bekas, anda akan mendapatkan boneka kumbang koksi/kepik yang unik. Pastinya anda pandai dalam memilih warna cat agar kumbang koksi atau kepik tampil cantik dan menarik.

 

24. Robot-robotan.

Botol plastik bekas yang berwarna hijau bisa anda sulap menjadi robot-robotan yang keren. Bagian badan robot menggunakan botol bekas yang dipadukan dengan beberapa tutup botol.

 

25. Gelembung tiup atau bubble gum.

Membuat gelembung tiup atau bubble gum sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memanfaatkan sampah botol plastik bekas untuk membuatnya.

 

26. Kursi-kursian.

Bagi anak perempuan penggemar boneka, maunya memperlakukan boneka layaknya hidup, sehingga boneka tidak hanya membutuhkan rumah saja, bahkan perabotan rumah pun harus ada.

Nah, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membelikan mainan baru, anda cukup perlu kreatif saja, dengan cara membuat kursi-kursian dan perabotan rumah boneka lainnya menggunakan botol plastik bekas di rumah.

 

27. Kupu-kupu.

Dilihat sekilas mainan kupu-kupu ini terlihat sangat rumit untuk dibuat. Tapi kalau dipikir-pikir hasilnya sebanding dengan usaha anda. Yang penting anda telaten dan pintar dalam memilih warna kupu-kupu, sehingga mainan kupu-kupu tampak cantik. Mainan kupu-kupu ini juga bisa anda jadikan sebagai hiasan rumah.

 

28. Keranjang boneka.

Yang suka main boneka, bisa nih buat keranjang boneka dari botol plastik bekas, imut kan?

 

29. Lonceng.

Selain genta angin, anda juga bisa mendaur ulang botol plastik bekas menjadi lonceng. Bahan dan alat yang diperlukan serta tutorial cara membuatnya seperti pada gambar di bawah ini.

 

Demikianlah 29 contoh daur ulang sampah botol bekas menjadi mainan anak-anak yang patut anda coba. Selain menambah koleksi mainan anak-anak, anda pun bisa menggunakan budget yang seharusnya untuk membeli mainan anak-anak untuk keperluan lainnya. Semoga artikel daur ulang sampah botol bekas ini bermanfaat dan menjadi inspirasi anda untuk berkarya. Selamat mencoba!

Bagaimana komentar Anda?