Yuk Buat Sendiri Hair Towel atau Handuk Khusus Rambut


diy-hair-towel

Advertisment

Rambut sering kali diibaratkan sebagai mahkota yang akan membuat pemiliknya semakin tampil cantik dan tampan bahkan menambah rasa percaya diri. Terkadang rambut basah akan terlihat keren dan macho bagi pria, tapi tidak berlaku bagi wanita. Terlebih lagi bagi wanita berambut panjang. Di samping merusak penampilan, juga membuat rambut jadi bau dan lepek. Apalagi bagi wanita berhijab yang dengan terpaksa harus mengikat rambutnya dalam keadaan basah agar tidak melebihi panjang hijabnya.

Banyak wanita maupun pria lebih memilih menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, padahal efek samping penggunaan hair dryer bisa mengakibatkan rambut menjadi kering, kaku, dan pecah-pecah. Bukan hanya itu saja, pemakaian hair dryer yang terlalu lama akan membuat rambut rentan rusak. Contoh kan saja pada baju yang basah kemudian anda terpaksa harus menyetrikanya karena anda butuh untuk segera dipakai. Apa yang terjadi pada baju anda? Warna baju menjadi agak pudar kan dan kainnya pun akan rusak? Nah, begitu juga dengan rambut anda.

Lebih baik anda menggunakan handuk untuk membungkus rambut agar airnya terserap. Tapi perlu diingat, jangan sampai anda menggosok-gosokkan rambut pada handuk, karena kulit kepala dan rambut dalam keadaan basah akan rawan rontok jika terkena gesekan, seperti juga anda menyisir rambut dalam keadaan basah. Solusi tepatnya, anda hanya perlu membungkus rambut dengan handuk dan membiarkannya beberapa menit.

Tapi terkadang anda kerepotan jika membungkus rambut dengan handuk yang berukuran kecil atau sedang, karena tidak bisa ditarik ke depan, atau tidak bisa membungkus semua rambut anda. Jika memakai handuk yang berukuran besar, terasa agak sedikit berat dalam proses pencucian karena anda harus memakai dua handuk besar sekaligus (satu untuk rambut dan satu lagi untuk badan). Ditambah lagi berat handuk yang terkadang bikin kepala agak pusing.

Advertisment

Nih ada solusi, dijamin anda bakal menyukainya, apalagi bagi para wanita yang peduli penampilan. Untuk mengatasi rambut basah anda dan tentunya tanpa ribet apalagi efek samping, anda bisa membuat hair towel sendiri atau handuk khusus untuk rambut yang dilansir dari blog.hartsfabric.com. Penasaran gimana buatnya? Siapkan dulu bahan dan alat yang diperlukan:
– Handuk ukuran kecil/sedang dengan lebar -/+ 40 cm dan panjang min 70 cm
– Gunting
– Penggaris/meteran
– Kancing baju
– Mesin jahit/jarum dan benang jahit
– Tali karet (bisa diganti dengan benang wol/tali kur/sejenisnya)

Cara membuat hair towel atau handuk khusus rambut:
Langkah 1:
Bentangkan handuk lalu lipat menjadi dua bagian persegi panjang.

Langkah 2: Potong handuk sesuai pola pada gambar di bawah ini. Untuk anak, buat dengan ukuran lebih kecil.pola-handuk-rambut

Langkah 3: Satukan kedua helai handuk lalu jahit bagian atas dengan mesin jahit agar lebih mudah/anda bisa juga menggunakan jahit tangan.

Langkah 4: Pasang kancing pada bagian depan dan tali pada bagian belakang.

Tarraa..Hair towel atau handuk khusus rambut buatan sendiri siap dipakai. Gampang kan cara membuatnya?
Cara pemakaian handuk ini ada dua metode, pertama dengan posisi kancing berada di depan seperti gambar di atas, dan yang kedua sebaliknya, posisi kancing berada di belakang seperti gambar di bawah inicara-membuat-handuk-khusus-rambut
Anda bisa membuat dengan ukuran lebih kecil untuk anak-anak. Hair towel ini tidak hanya praktis dan efisien untuk dipakai, tapi juga bisa menjadi ide souvenir atau hadiah untuk sahabat maupun sodara anda. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment