Tutorial Membuat Sandal dari Koran Bekas

sandal-koran-bekas

Advertisment

Benda yang satu ini sangat penting bagi semua orang, apalagi orang yang terbiasa hidup bersih, dia akan merasa risih jika tidak memakai sandal meskipun di dalam rumah. Daripada beli sandal baru, alangkah bijaknya anda membuat sandal sendiri dari koran bekas, hitung-hitung mengurangi limbah sampah sambil berkreasi dan melatih kesabaran mengingat cara membuatnya butuh ketelatenan dan kesabaran ekstra.

Sebelum berkreasi, siapkan bahan dan alat yang diperlukan:
– Koran Bekas
– Lidi
– Isolasi/lakban hitam
– Gunting besar dan cutter
– Lem putih/lem aibon/lainnya
– Penggaris
– Kardus
– Sedotan

Cara membuat sandal dari koran bekas:
Langkah 1: Potong koran dengan ukuran 24 × 17 cm.

Langkah 2: Gulung koran tersebut hingga berdiameter kecil agar tidak mudah kempes saat diinjak. Gunakan lidi agar gulungan rapat dan rapi. Lakukan hal ini hingga mencapai -/+ 25 gulungan.

Langkah 3: Jiplak sandal yang sudah jadi pada kardus, yang mana kardus ini untuk alas sandal agar lebih kuat dan tahan lama, lalau lapisi bagian bawah dengan lakban atau plastik.

Langkah 4: Tempelkan gulungan koran pada kardus (alas sandal) secara sejajar menggunakan lem putih.

Advertisment

Langkah 5: Setelah itu, gunting gulungan koran mengikuti bentuk alas sandal. Gunakan gunting besar dan tajam karena benar-benar keras.

Langkah 6: Lakbanlah semua pinggir mengikuti bentuk sandal. Supaya tidak terlepas, dilem dahulu dengan lem putih.

Langkah 7: Untuk pedal sandal, buatlah pelintiran koran sebanyak tiga buah yang lebarnya 5-7 cm dengan panjang sepanjang kertas koran.

Langkah 8: Kepanglah ketiga pelintiran tersebut, lem/lakban ujung kepangan agar tidak terlepas. Buatlah dua buah kepangan.

Langkah 9: Lubangi sandal untuk memasukkan pedal dengan cara melipat kepangan tepat di tengah-tengah, lalu pasang sedotan kemudian tarik kepangan ke kanan dan kiri. Lakukan hal ini pada sandal sebelahnya.
Jika anda kesusahan dalam melubangi, lem dan lakban ujung kepangan ke sandal, tapi hasilnya tidak terlalu kuat.

Langkah 10: Tarik ketiga ujung pedal hingga bawah alas lalu lakban/tempelkan dengan lem aibon.

Selesai..Sandal dari koran bekas siap dipakai. Anda bisa mengganti lakban hitam dengan bisban atau kain untuk pinggiran sandal lalu dijahit agar kuat dan rapi. Untuk membuat pedal sandal tidak harus dari koran, tai anda bisa memakai bahan lainnya. Jauhkan sandal ini dari air, mengingat bahannya berasal dari kertas koran dan kardus bekas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment