Tutorial Membuat Dompet Lipat untuk Kosmetik atau Cosmetic Case

cosmeticcase

Advertisment

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua wanita akan membawa kosmetik kemana pun dia pergi, minimal membawa bedak dan hand body, terlebih lagi saat bepergian jauh atau berlibur. Jika anda termasuk wanita yang menomersatukan penampilan, pastinya akan membawa berbagai jenis kosmetik. Tidak ada salahnya anda membuat dompet lipat untuk koleksi kosmetik anda atau cosmetic case.

Anda bisa memanfaatkan baju/pakaian bekas untuk membuat dompet lipat tersebut. Berikut bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat dompet lipat kosmetik atau cosmetic case:
– Kain polos warna sesuai selera
– Kain motif
– Gunting
– Jarum dan benang jahit/mesin jahit
– Busa angin (jika diperlukan)
– Meteran (jika diperlukan)
– Kertas dan pensil untuk membuat pola
– Kancing baju

Cara membuat dompet lipat kosmetik atau cosmetic case dari pakaian bekas:
Langkah 1:
Sebelum anda memotong kain , tentukan dan gambar pola dompet pada kertas agar pas dengan kain dasarnya dan dompet bisa dilipat. Dan anda juga tidak salah dalam memotong kain.

Langkah 2: Potong kain polos, kain motif dan busa angin dengan ukuran yang sama untuk dasar dompet. Di sini berbentuk persegi panjang.

Langkah 3: Pilah dan pilih koleksi kosmetik anda sesuai jenis/bentuk dan besar kecilnya. Hal ini mempermudah anda untuk menyesuaikan ukuran kantong dengan jenis kosmetik.

Advertisment

Langkah 4: Potong kain motif untuk membuat kantong sesuai jenis yang dikumpulkan tadi, misalnya untuk bedak, lip gloss, kutek/sejenisnya menjadi satu kantong beserta tutupnya (untuk kosmetik yang rawan pecah ketika jatuh), kantong untuk jenis brush, kantong untuk headband/bando dan lainnya. Lapisi kantong dengan kain polos jika dirasa perlu.

Langkah 5: Potong lagi kain motif untuk tempat jepit rambut dan aksesoris seperti gelang, cincin dan lainnya.

Langkah 6: Jahit satu–persatu potongan kain pada kain dasar polos dan pasang kancing baju pada dompet dan kedua kain untuk aksesoris.

Langkah 7: Jangan lupa menjahit tengah kantong untuk jenis brush (satu tempat diisi satu brush secara berjejer) sesuai dengan jumlah koleksi anda .

Langkah 8: Setelah semua kantong dijahit, satukan kain dasar polos, busa angin di tengah dan kain bermotif lalu jahit sekeliling kain. Busa angin di sini berfungsi untuk menjadikan dompet lebih tebal dan juga melindungi kosmetik anda agar tidak pecah jika terjatuh.

Langkah 9: Terakhir, Potong kain memanjang, jahit sekeliling kain untuk tali dompet lalu pasang pada salah satu ujung dompet. Untuk ujung satunya pasang kancing, lalu kaitkan.

Selesai…Dompet lipat untuk kosmetik atau cosmetic case siap dipakai. Dompet ini lebih aman dipakai apalagi saat anda bepergian atau berlibur, karena jika anda menggunakan dompet jenis tas seperti tempat pensil (semua kosmetik campur aduk dalam satu wadah), terkadang ada salah satu kosmetik yang terbuka/nutupnya kurang rapat dan akhirnya menodai kosmetik lainnya. Dompet ini juga lebih praktis dan memudahkan anda untuk menemukan kosmetik yang anda cari ketika buru-buru, karena semua jenis kosmetik mempunyai tempat masing-masing. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment