Tirai atau Gorden Warna-Warni dari Botol Bekas

Tirai-daur-ulang-Botol-Bekas

Advertisment

Sebuah tirai atau gorden akan nampak indah jika bentuk, ukuran dan modelnya sama, tapi tidak berlaku untuk tirai yang satu ini. Justru dengan bentuk dan ukuran yang tidak beraturan lah nilai seninya terlihat, bahkan warnanya pun amburadul. Tirai atau gorden ini tidak hanya berbahan botol plastik bekas aqua, tapi segala macam wadah plastik bekas, mulai dari botol bekas shampo, cologne, bekas minuman soda, jerigen, bekas susu, yoghurt dan juga tutup botol. Penasaran gimana hasilnya? Siapkan dulu bahan dan alat yang diperlukan:
– Wadah plastik bekas
– Gunting dan cutter
– Paku dan palu
– Senar/tali sejenisnya
– Cat dan kuas (jika diperlukan)
– Kayu/besi/paku/lainnya untuk gantungan

Cara membuat gorden atau tirai warna-warni dari botol bekas:
Langkah 1: Kumpulkan segala macam botol bekas yang ada, cuci bersih lalu keringkan.

Langkah 2: Potong botol dengan ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai selera.

Langkah 3: Untuk membuat ujung tiap tirai, ambil bagian tengah botol lalu potong kecil dan memanjang (suwiran-suwiran).

Advertisment

Langkah 4: Buat lubang pada kedua sisi tiap potongan.

Langkah 5: Warnai potongan botol jika persediaan botol yang anda punya hanya warna putih atau bening, lalu biarkan hingga kering atau jemur di bawah sinar matahari.

Langkah 6: Setelah cat kering, mulailah menyusun tirai satu-persatu diawali dengan suwiran-suwiran botol pada bagian paling bawah, lalu lanjutkan dengan potongan botol dengan ukuran berbeda dan warna selang-seling.

Langkah 7: Pasang tirai pada gantungan.

Dan lihatlah hasilnya, bagus kan? Ini salah satu solusi untuk mengurangi limbah botol plastik tanpa ada bagian yang dibuang. Anda juga tidak perlu mencari botol plastik yang sama untuk membuat sebuah gorden atau tirai warna-warni. Model, ukuran dan bentuk tirai pun sesuai dengan kreasi anda (tanpa ada patokan dasar). Jadi, tunggu apa lagi? Selamat berkreasi!

Advertisment
  • Add Your Comment