Rahasia Membuat Lava Lamp atau Lampu Lava Sederhana

Rahasia Membuat Lava Lamp atau Lampu Lava Sederhana

Advertisment

Toples ajaib yang bersinar di kegelapan yang sudah saya share, bisa menjadi alternatif untuk anak anda yang takut tidur di kegelapan, tapi gimana jika dia ingin main-main ketika siang atau di tempat yang terang? Ini ada solusinya dengan cara membuat lava lamp atau lampu lava sederhana. Sebenarnya harus dipasang lampu agar bisa dinikmati keindahannya, tapi tanpa adanya lampu pun anda masih bisa menikmati reaksi lava dengan cara menaruhnya di tempat terang atau meneranginya dengan senter di kegelapan. Berikut bahan dan alat yang diperlukan:
– Toples/botol kaca beserta tutupnya
– Minyak sayur
– Air
– Pewarna makanan (warna sesuai selera, tapi lebih bagus warna merah agar mirip lava)
– Tablet alka-seltzer

Cara membuat lava lamp atau lampu lava sederhana:
Langkah 1: Cuci bersih toples/botol kaca dan tutupnya lalu keringkan

Langkah 2: Isi botol dengan minyak sayur 3/4 atau hampir penuh

Advertisment

Langkah 3: Tambahkan air secara perlahan hingga botol penuh (air akan turun ke bawah toples, sedangkan minyak akan naik)

Langkah 4: Masukkan setengah tablet alka-seltzer dan lihatlah reaksinya, lava akan naik turun di dalam botol. Setelah beberapa menit masukkan potongan tablet sisanya sedikit demi sedikit.

Ketika tablet alka-seltzer terkena air, maka akan bereaksi dan menghasilkan gelembung karbon dioksida (sama halnya ketika kita mencampur cuka dengan soda kue). Gelembung karbon dioksida tersebut membuat air pada dasar botol terangkat ke atas. Ketika sampai ke permukaan, gas karbon dioksida terlepas dan menyebabkan air yang tadinya berada di atas, menjadi turun kembali ke dasar botol.

Gimana, bagus kan lavanya? Cara membuatnya juga mudah. Lamanya reaksi lava tergantung banyaknya tablet yang anda masukkan. Selamat mencoba dan semoga anak anda menyukainya!

Advertisment
  • Add Your Comment