Pola Tatakan Gelas Rajut Sederhana untuk Pemula

pola-tatakan-gelas-rajut-sederhana-untuk-pemula

Advertisment

Bagi anda yang pernah belajar cara merajut tapi agak sedikit lupa karena jarang dipraktekkan, atau yang tertarik untuk belajar, latih teknik dasar rajutmu dengan membuat kreasi rajutan sederhana berupa tatakan gelas berikut ini. Anda bisa membuat dengan bentuk tatakan gelas bundar ataupun kotak.

Jenis benang yang akan anda pakai pun bisa beragam sesuai dengan yang anda inginkan, dengan catatan ukuran hakpen harus sesuai dengan besar kecilnya benang. Dan warna benang pun tidak harus satu, tapi anda bisa menggabungkan dua warna atau lebih. Atau anda juga bisa memakai warna gradasi maupun sembur.

Nah, sekarang saatnya menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk merajut tatakan gelas:

– Benang rajut (di sini memakai warna biru dan orange)

– Hakpen

– Gunting

– Lilin dan korek api/sejenisnya

 

Cara membuat tatakan gelas rajut sederhana bentuk bulat:

Langkah 1: Buat pola lingkaran dengan 9 SC (magic ring/magic loop/menggabungkan serangkaian rantai). Bagi anda yang baru belajar, silahkan lihat tutorialnya pada artikel yang berjudul Belajar Pola Dasar Rajut Lingkaran bagi Pemula.

Langkah 2: Baris 1: Buat SC sekeliling.

Langkah 3: Baris 2: 1 SC, (*) 2 SC pada CH/satu lubang yang sama, 1 SC. Ulangi (*) sekeliling. Atau dengan hitungan (121).

Membuat 2 SC pada satu lubang disebut tusuk tunggal penambahan, teknik pembuatannya bisa anda lihat pada artikel Tutorial Belajar Tusuk Rajut Pengurangan dan Penambahan untuk Pemula.

Langkah 4: Baris 3: 1 SC, (*) 2 SC pada CH yang sama, 2 SC. Ulangi (*) sekeliling (122).

Advertisment

Langkah 5: Baris 4: 1 SC, (*) 2 SC pada CH yang sama, 3 SC. Ulangi (*) sekeliling (123).

Langkah 6: Baris 5: 1 SC, (*) 2 SC pada CH yang sama, 4 SC. Ulangi (*) sekeliling (124).

Langkah 7: Baris 6: Ganti benang dengan warna yang berbeda. Buat 1 SC, (*) 2 SC pada CH yang sama, 5 SC. Ulangi (*) sekeliling (125).

Langkah 8: Baris 7: 1 SC, (*) 2 SC pada CH yang sama, 6 SC. Ulangi (*) sekeliling (126).

Langkah 9: Potong benang lalu matikan.

 

Cara membuat tatakan gelas rajut bentuk kotak:

Langkah 1: Buat 16 CH.

Langkah 2: Baris 1: Buat 1 CH, dan mulailah membuat 1 SC pada CH ke 2 dari hakpen (1 SC di seluruh baris).

Langkah 2: Balik benang, lalu buat 1 CH dan 1 SC di seluruh baris.

Langkah 3: Ulangi langkah 2 hingga baris ke 6.

Langkah 4: Ganti benang, ulangi langkah 2 hingga 3 baris.

Langkah 5: Potong benang dan matikan.

 

Gimana, gampang dan mudah kan cara membuatnya? Pola rajut ini cukup efektif untuk pemula yang baru belajar merajut. Untuk pola tatakan gelas bentuk kotak, cara merajutnya hanya membuat baris lurus, setelah sampai ujung, rajutan dibalik dan membuat baris lurus dengan panjang dan lebar sesuai selera. Dan perlu diingat, kencang dan longgarnya ketika anda menarik benang harus sama, kalau tidak, maka hasilnya menjadi tidak sama panjang (menyempit atau melebar).

Anda bisa menggabungkan jenis tusuk dasar rajut lainnya untuk variasi (selain tusuk tunggal). Jika anda masih belum hafal simbol dan istilah dalam merajut, atau memang baru belajar merajut, maka silahkan pelajari teknik tusuk dasar pada artikel sebelumnya yang berjudul Panduan Lengkap Merajut bagi Pemula. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment