Pakaian Anda Kena Luntur, Selamatkan dengan Tips Ampuh Berikut Ini

Pakaian Anda Kena Luntur, Selamatkan dengan Tips Ampuh Berikut Ini

Advertisment

Siapa coba yang nggak emosi ketika mendapati baju kelunturan, mana itu baju kesayangan lagi. Kalau warna putih, mungkin lebih mudah dihilangkan, tinggal pakai cairan pemutih sudah beres, tapi kalau pakaian berwarna atau bermotif, gimana caranya? Kalau warna gelap sih nggak terlalu jadi masalah, tapi kalau warna terang dan kena luntur, bisa-bisa jadi baju dip dye. Masih mending baju dip dye karena warnanya merata dan beraturan, tapi kalau kelunturan, bisa belang-belang warnanya. Nah, coba saja solusi jitu berikut ini, mana tau baju yang terkena noda luntur bisa diselamatkan:

1. Larutan vetsin atau msg (monosodium glutamat) dan detergen
Cara yang cukup mudah dan sederhana adalah dengan mencampur detergen dengan vetsin/msg, perbandingannya 2 : 3 untuk detergen : vetsin. Lalu tambahkan air panas/hangat, sesuai dengan pakaian yang akan anda rendam. Anda harus memastikan pakaian berwarna tadi terendam secara utuh dalam larutan. Diamkan selama 30 menit dan kucek. Kemudian cuci lagi dengan detergen saja untuk menghilangkan sisa-sisa msg yang menempel dan bilas hingga bersih.

2. Larutan cuka, garam dan detergen
Anda juga bisa memanfaatkan bahan dapur lainnya, yakni cuka. Tambahkan garam dan detergen dengan perbandingan cuka yang sama banyak dengan sabun detergen. Tambahkn air panas ke dalam ember hingga setidaknya seluruh bagian pakaian terendam.
Bila tidak terendam semua, maka noda luntur akan bergerak ke arah bagian yang tidak terendam. Diamkan pakaian di dalam ember selama 30 menit dan lihat hasilnya setelah dibilas.

3. Larutan citrun dengan detergen
Satu lagi larutan asam yang cukup populer digunakan dalam mengatasi noda luntur yaitu larutan citrun. Bubuk citrun ini terkenal sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan noda tinta yang biasanya sangat sulit dihilangkan.
Cukup dengan memadukan bubuk citrun dan detergen lalu tambahkan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga seutuhnya terendam. Diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan detergen, kemudian bilas hingga bersih. Akan lebih baik kalau anda menambahkan sedikit garam yang akan menambah kinerja larutan tadi.

Advertisment

4. Baking soda dengan deterjen
Bila noda luntur di baju anda tidak terlalu parah, hanya mengenai beberapa bagian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka anda bisa menggunakan campuran detergen dengan baking soda. Meski tidak seefektif cairan cuka atau vetsin, tapi cara ini juga cukup banyak diminati karena bahannya lebih mudah didapatkan.

5. Alkohol
Kalau noda luntur di pakaian anda berasal dari tinta, maka salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkannya adalah dengan penggunaan cairan alcohol. Gosokkan alkohol pada noda hingga memudar. Kemudian segera celupkan dan kucek pakaian dalam cairan sabun detergen sebelum cairan alkohol mengering. Lakukan beberapa kali hingga nodanya benar-benar hilang lalu bilas dengan air bersih.

Bila anda tidak menemukan cairan alcohol di rumah, anda bisa gunakan hairspray yang mengandung aerosol (bentuk lain dari alkohol turunan) atau dengan cairan aseton pembersih kuteks/cat kuku. Hanya saja pada penggunaan hairspray membutuhkan tenaga ekstra dalam mengucek karena hairspray meninggalkan residu pekat dan melekat pada kain.

6. Merebus pakaian dengan deterjen
Tips yang terakhir ini hanya memakai deterjen anti noda dan air saja lalu direbus seperti anda memasak air. Setelah air mendidih, kecilkan api lalu masukkan pakaian yang terkena luntur dan aduk hingga beberapa menit. Biasanya setelah diaduk dan tunggu beberapa menit, air akan berubah warna sesuai noda luntur pada pakaian anda. matikan kompor dan tunggu hingga air dingin lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi pakaian atau baju yang luntur tapi tanpa menggunakan deterjen. Jika anda mempuyai baju baru atau lama yang rawan luntur, maka rebus dengan air saja (tanpa deterjen) dan dijamin baju anda tidak akan luntur apalagi sampai melunturi pakaian yang lainnya. Seperti kata pepatah : mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi sebelum ada pakaian yang melunturi pakaian yang lain, alangkah baiknya jika anda mengatasi pakaian rawan luntur terlebih dahulu. Karena meskipun tidak begitu sulit mengatasi noda luntur pada pakaian berwarna anda, tapi memaksa anda untuk menyediakan waktu yang cukup lama dan melelahkan untuk mengatasi noda luntur tersebut.
Selamat mencoba dan semoga pakaian atau baju anda terhindar dari noda luntur!

Advertisment
  • Add Your Comment