Ornamen Genta Angin atau Lonceng Angin dari Tutup Botol Bekas

Ornamen Genta Angin atau Lonceng Angin dari Tutup Botol Bekas

Advertisment

Selain berfungsi sebagai ornamen, genta angin atau lonceng angin dipercaya sebagai benda pembawa keberuntungan bagi penghuni rumah. Entah itu benar apa nggak, yang penting genta atau lonceng angin bisa menghasilkan suara gemerencing ketika tertiup angin.
Genta angin dapat dibuat dari logam, alumunium, kayu, bambu, keramik, gelas maupun lainnya. Kali ini kita akan membuat genta angin dengan mendaur ulang barang bekas yang ada di rumah, yaitu genta angin dari tutup botol bekas dan saringan. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan:
– Tutup botol bekas
– Saringan
– Senar/benang
– Kawat (jika diperlukan)
– Gunting
– Bor/paku dan palu

Cara membuat genta angin atau lonceng angin dari tutup botol bekas:
Langkah 1: Lubangi kedua sisi tutup botol dengan menggunakan bor atau secara manual menggunakan paku dan palu

Langkah 2: Potong senar/benang menjadi beberapa potongan dengan panjang sesuai selera

Advertisment

Langkah 3: Mulailah merangkai tutup botol pada senar/benang lalu ikatkan pada saringan. Jangan lupa membuat simpul pada senar/benang di tiap tutup botol agar tutup tidak berubah posisi ketika tertiup angin

Langkah 4: Buat ring dan rantai dari kawat untuk gantungan genta angin. Atau anda bisa menggunakan sisa senar/benang tapi pastikan senar/benang tidak mudah putus

Langkah 5: Gantung genta angin di tempat yang memiliki aliran angin seperti di dekat jendela/halaman rumah/kebun

Ornamen genta angin atau lonceng angin siap menghiasi rumah ataupun halaman anda, dan nikmati suara gemerincingnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment