Membuat Sendiri Tas Mukena dari Flanel

tas-mukena-flanel

Advertisment

Seorang muslimah pasti punya mukena lebih dari satu. Ada berbagai macam bahan yang digunakan, seperti : lycra, abutai, bsw, polino, sutra, katun, polyester, parasut dan lainnya. Bahan kain menentukan kenyamanan dalam penggunaan. Jaman modern seperti sekarang, sudah banyak toko-toko besar maupun toko online yang menyediakan mukena beserta tasnya dengan harga yang lumayan mahal tentunya.

Bagi saya cukup satu saja mukena yang ada tasnya. Karena disamping harga, tas mukena hanya dipakai ketika perjalanan jauh saja atau sholat terawih saat bulan ramadlan, itu pun sholat di masjid yang agak jauh dari rumah. Dikarenakan tas cuma satu dan ada noda karena lama disimpan lemari, jadi nggak pede kalau membawanya 🙁

Mau beli tasnya saja, nggak ada yang jual. Mau beli sama mukenanya sekalian, sayang, sudah banyak mukena numpuk di rumah. Yaaa terpaksa dech bikin tas mukena sendiri dari kain flanel. Sebenarnya agak malas bikin, tapi karena butuh, ya lanjut 🙂

Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat tas mukena dari kain flanel:
– Kain flanel motif
– Meteran/penggaris
– Ritsleting
– Gunting
– Jarum dan benang jahit
– Jarum pentul (jika diperlukan)

Cara membuat tas mukena dari kain flanel:
Langkah 1 : Potong kain flanel dengan ukuran panjang 22 cm dan lebar 20 cm tapi dibentuk agak melengkung atau sesuai selera.

pola-tas-mukena-flanel

Langkah 2 : Potong lagi kain flanel sesuai panjang ritsleting dan lebar 0,5 cm untuk bagian depan tas.

Langkah 3 : Pasang ritsleting pada kain bagian depan, lalu jahit.
Sematkan jarum pentul pada ritsleting agar ritsleting tidak lepas saat dijahit.

Advertisment

cara-membuat-tas-mukena-kain-flanel

Langkah 4 : Gabungkan kain depan plus ritsleting dengan badan tas, kemudian mulailah menjahit menggunakan tusuk tikam jejak atau feston.

Langkah 5 : Sebelum menjahit, buka ritsleting terlebih dahulu agar kain bisa dibalik dan lebih mudah dalam proses menjahit.

 bahan-mukena

Tarra…Tas mukena bikinan sendiri sudah jadi.
Ini hanya salah satu contoh model tas mukena. Karena banyak sekali model tas mukena yang lain, baik yang memakai ritsleting, ikat pengerut, tali selempang panjang maupun yang pendek. Dan bahannya pun beraneka ragam. Ada yang dari kain flanel, katun, parasut, rajutan dan lainnya. Selamat mencoba!

model-tas-mukena

kerajinan-tangan-tas-mukena-baju-bekas

tas-mukena-kain-perca

Advertisment
  • Add Your Comment