Membuat Sendiri Headband Cantik dari Benang Rajut dan Bunga

headband dari benang rajut dan bunga
Dalam memakai jilbab/hijab, seorang wanita harus pintar memilih model yang sesuai dengan warna dan jenis jilbab, termasuk memilih aksesoris jilbab seperti bros dan hiasan/headband/mahkota bunga. Terlebih lagi jilbab yang ia kenakan warna polos. Jika anda kesulitan dalam memilih model jilbab, maka alangkah bagusnya anda mengenakan bros atau headband, karena keduanya bisa mendukung penampilan anda meskipun jenis jilbab dan model yang anda kenakan biasa saja, dengan catatan tidak berlebihan. Untuk menyiasati headband yang sesuai dengan warna jilbab, sebaiknya anda membuat sendiri. Karena tidak semua toko aksesoris menyediakan headband dengan berbagai warna.
Bahan dan alat yang digunakan untuk membuat headband dari benang rajut dan bunga adalah:
– Benang rajut minimal dua warna/benang seadanya
– Bunga imitasi/plastik ukuran kecil (bisa diganti dengan pita)
– Lem tembak/perekat kuat lainnya
– Gunting

Advertisment

Cara membuat headband/aksesoris jilbab dari benang rajut dan bunga:
Langkah 1: Potong benang menjadi tiga bagian sama panjang (untuk menyiasati agar benang menjadi tebal, gabung dua benang/lebih menjadi satu)

Langkah 2: Kepang tiga potongan benang tadi sesuai panjang yang anda inginkan, lalu tutup benang dengan simpul mati

Langkah 3: Sisakan beberapa centimeter benang pada ujung untuk menyatukan headband ketika anda mengenakannya

Advertisment

Langkah 4: Potong bunga imitasi/plastik, ambil bagian bunganya saja. Jika anda menggunakan pita, maka potong pita menjadi beberapa potongan yang sama panjang, lalu bentuk mejadi bunga mawar, tempelkan ujungnya dengan lem

Langkah 5: Pasang bunga satu-persatu pada tali headband menggunakan lem tembak pada posisi yang anda inginkan

Langkah 6: Dalam penataan bunga, usahakan bentuknya agak melengkung dengan empat bunga/sesuai selera, kasih jarak sedikit lalu pasang lagi bunga berikutnya, agar lebih cantik dipandang dan nggak terkesan monoton

Tarraa..Lihatlah hasilnya, cantik bukan? Headband dari benang rajut dan bunga siap mempercantik jilbab/hijab anda. Selain benang rajut dikepang, anda bisa merajutnya dengan menggunakan hakpen jika anda ingin tali headband lebih lebar.
Cara merajutnya sangat mudah: Buat tusuk rantai (ch) sesuai panjang yang anda inginkan, balik benang lalu buat tusuk tunggal (sc) sepanjang ch. Ketika sampai ujung, balik benang seperti ujung satunya (tidak melanjutkan ke ch sebelahnya), lalu buat sc lagi sepanjang ch, agar sisi kanan dan kiri sama. Atau anda bisa menggunakan tusuk setengah ganda (hdc) sepanjang ch. Ketika mencapai ujung, tambahkan 3 ch, kemudian lanjutkan dengan hdc hingga mencapai ujung satunya lagi (tanpa dibalik). Selamat mencoba dan tetap semangat untuk belajar merajut ya!

Advertisment
  • Add Your Comment