Membuat Sendiri Bantal Menyusui atau Nursing Pillow

cara-membuat-nursing-pillowBerhubung kemarin udah membuat nursing pad, jadi kali ini saya share cara membuat bantal menyusui/nursing pillow. Salah posisi menyusui, bisa berakibat cepat lelah di bagian punggung, pinggang dan lengan tangan yang terasa hingga beberapa hari ke depan. Makanya butuh bantal yang membantu tangan anda untuk menumpu berat badan bayi. Cara penggunaanya pun mudah tinggal diselipkan di pinggang anda dan lebih efektif dibanding bantal biasa.

Advertisment

Ketika anda sedang di perjalanan, anda memakai bantal untuk leher/travel pillow/neck pillow kan? Nah, bentuknya hampir sama, cuma bedanya pada kedua ujung bantal. Kalau bantal menyusui ujungnya terbuka seperti huruf U. Sedangkan untuk bantal leher ketika di perjalanan, kedua ujungnya hampir bertemu.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:
– Dakron/silikon/fiber untuk isi
– Kain katun yang dingin dan lembut
– Gunting
– Jarum dan benang jahit
– Karton/koran bekas
– Pensil/spidol
– Penggaris/meteran (jika diperlukan)

Cara membuat bantal menyusui atau nursing pillow:
Langkah 1: Gambar pola pada kain dengan ukuran (p x l x t) 53 cm x 55 cm x 20 cm atau sesuai selera.

Langkah 2: Jika anda khawatir salah ukuran dalam menggambar, buat saja pola pada karton/koran bekas, lalu jiplak pada kain dan tandai dengan pensil (jiplak lagi pada kain sebelahnya).

Advertisment

Langkah 3: Potong kain sesuai pola.

Langkah 4: Gabungkan kedua kain, kemudian mulailah menjahit sepanjang pinggir bantal.
Ingat, selalu menjahit dari dalam/kain dibalik.

Langkah 5: Sisakan lubang untuk membalik kain dan jalan untuk memasukkan isi ke bantal

Langkah 6: Setelah bantal terisi, tutup lubang dengan jahit tangan agar lebih mudah.

Tarraa..Bantal menyusui/nursing pillow sudah selesai. Bantal ini tidak hanya untuk menopang badan bayi saat menyusui saja, tapi juga bisa digunakan sebagai pelindung bayi belajar duduk, bantal tidur bayi agar bayi tidak bergeser dan sebagai sandaran bayi saat makan. Bentuknya yang kecil, memudahkan anda untuk membawanya ke mana-mana. Jadi nanti kalau proses menyusui sudah lewat, bisa dipakai untuk bantal leher dalam perjalanan, gimana, multifungsi kan? hehehe
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment