Membuat Cord Keeper atau Pengikat Kabel dari Kain Perca atau Baju Bekas

Pengikat-kabel-kain-perca

Advertisment

Seorang ibu rumah tangga harus aktif, rajin, dan telaten. Kalau nggak, pekerjaan rumah bakal terasa berat dan otomatis banyak yang terbengkalai. Contoh kecilnya saja baju setrikaan. Coba saja anda menumpuk baju dari jemuran hingga menggunung dan menunda-nunda untuk menyetrikanya, dijamin anda bakal makin malas.

Tidak semua orang suka menyetrika bajunya karena malas (saya berbicara tentang budaya kita lho, bukan budaya Jepang yang notabene nya memang tidak menyetrika baju kecuali kemeja kerja dan sapu tangan), bahkan ada sebagian orang lebih suka mencuci ketimbang menyetrika. Tapi ada juga yang sebaliknya, lebih suka menyetrika ketimbang mencuci baju. Makanya, jasa laundry pun menyediakan pelayanan yang bermacam-macam.

Kebiasaan orang dalam menyimpan setrika setelah dipakai pun berbeda-beda. Ada yang membiarkanya hingga setrika dingin, baru dirapikan, tapi ada juga yang langsung menggulung kabel setrikaan setelah dipakai. Yang lebih parah adalah membiarkan kabel setrikaan berserakan di mana-mana tanpa digulung maupun dirapikan.

Banyak orang yang beranggapan kalau kabel terlilit atau tergulung tidak beraturan, akan menyebabkan kabel cepat rusak. Entah itu benar apa nggak, yang pasti risih saja ketika melihat kabel berserakan, apalagi sampai meletakkan barang tidak pada tempatnya.

Advertisment

Berbicara tentang menata dan merapikan kabel, termasuk kabel setrika, anda bisa memanfaatkan tutup galon bekas. Sedangkan untuk kabel lainnya, anda juga bisa memanfaatkan kardus bekas dan karton bekas tisu gulung. Karena keduanya sudah ada pada artikel sebelumnya, jadi kali ini saya akan share cara membuat cord keeper atau pengikat kabel dari baju bekas atau kain perca.

Berikut bahan dan alat yang perlu disiapkan untuk membuat cord keeper/pengikat kabel dari kain perca/baju bekas:
– Baju bekas/kain perca
– Gunting
– Cutter
– Jarum dan benang jahit
– Kancing baju

Cara membuat cord keeper/pengikat kabel dari kain perca/baju bekas:
Langkah 1:
Potong baju bekas/kain perca bentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai selera. Tiap cord keeper terdiri dari dua potongan kain.

Langkah 2: Satukan kedua kain lalu jahit semua sisinya.

Langkah 3: Jahit kancing baju pada salah satu sisi kain, lalu lubangi sepanjang diameter kancing pada sisi kain satunya.

Selesai…Cord keeper atau pengikat kabel dari kain perca atau baju bekas siap dipakai. Anda tinggal merapikan kabel setrika lalu sematkan cord keeper dan kunci dengan kancing baju. Mudah dan simple kan cara membuatnya? Anda bisa mengganti kancing baju dengan velcro seperti gambar di bawah iniDIY-Cord-Keeper
Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment