Membuat Boneka Berkerudung Tanpa Jahitan dari Kain Perca

cara-Membuat-Boneka-Berkerudung-Kain-Perca

Advertisment

Hampir semua anak perempuan menyukai boneka, baik bentuk binatang, tokoh kartun atau lainnya. Tapi gimana jika anda memberi kejutan dengan boneka berkerudung yang lucu, imut dan menggemaskan? Itu pun hasil keterampilan tangan anda sendiri, pasti anak-anak menyukainya.

Untuk membuat boneka berkerudung dari kain perca/baju bekas, anda memerlukan bahan dan alat:
– 3 kain perca/baju bekas sesuai selera (di sini memakai kain polos warna putih dan hijau serta kain bermotif)
– Kapas
– Stik es krim
– Karet gelang
– Lem
– Spidol/pensil warna

Cara membuat boneka berkerudung tanpa jahitan dari kain perca:
Langkah 1: Potong kain perca/baju bekas warna putih dan motif berbentuk persegi. Untuk kain motif sebanyak dua potongan sama ukuran.

Langkah 2: Potong kain perca warna polos berbentuk persegi panjang.

Langkah 3: Ambil kapas lalu gulung menjadi bulatan kecil.

Advertisment

Langkah 4: Bungkus bulatan kapas dengan kain perca warna putih lalu masukkan stik es krim dan ikat dengan karet gelang (bulatan kapas sebagai kepala boneka dan stik es krim sebagai badan).

Langkah 5: Letakkan boneka di atas kain motif pertama, lalu lipat kedua ujung atas kain ke depan agak menyerong dan lipat lagi sisanya sambil dirapikan (kain motif ini sebagai penutup kepala boneka).

Langkah 6: Letakkan kain motif kedua tepat di bawah leher boneka (posisi kain di atas boneka) lalu lipat ke belakang hingga membentuk sebuah gaun/baju.

Langkah 7: Tempelkan lem pada kedua ujung kain agar tidak terlepas.

Langkah 8: Letakkan kain perca warna polos sejajar dengan bahu, lalu lipat kedua ujung kain ke depan agak menyerong hingga membentuk seperti kerudung/scraf. Olesi dengan lem agar tidak lepas.

Langkah 9: Buat aksen mata, hidung, mulut dan lainnya sesuai selera dengan spidol/pensil warna.

Dan boneka lucu berkerudung tanpa jahitan dari kain perca pun siap menemani anak anda. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di atas. Jika anda ingin membuat boneka yang lebih besar, tinggal menambahkan ukuran kain dan jumlah kapas. Sedangkan untuk badan boneka, anda bisa menggabungkan dua stik es krim/lebih dengan cara dilem/diikat karet benang agar badan boneka menjadi lebih tinggi. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment