Kreasi Unik Gantungan Baju dari Ranting Kayu

gantunganbajudarirantingkayu

Advertisment

Penjual atau pengrajin kayu biasanya kalau menebang pohon hanya mengambil pohon kayu yang besar saja, dan meninggalkan ranting yang kecil dan agak besar, atau mereka tetap mengambilnya untuk dijadikan kayu bakar. Padahal, selain dibuat kayu bakar, ranting pohon bisa dimanfaatkan menjadi kreasi unik seperti gantungan baju, vas bunga tempat pensil, hiasan unik dan kreasi lainnya.

Untuk vas bunga dari ranting kayu, saya sudah posting di artikel sebelumnya, silahkan dilihat dengan judul membuat vas bunga unik dari kaleng bekas dan ranting kayu. Dan kali ini saya akan share cara membuat gantungan baju dari ranting kayu. Berikut bahan dan alat yang perlu disiapkan:
– Ranting kayu yang bercabang
– Papan/triplek
– Gergaji
– Bor dan baut (jika diperlukan)
– Paku dan palu
– Lem kayu

Cara membuat kreasi unik gantungan baju dari ranting kayu:
Langkah 1: Gergaji papan/triplek menjadi 4 potong lalu susun tiga potong membentuk persegi panjang (tanpa bagian atas) dengan panjang dan lebar sesuai selera.

Langkah 2: Gunakan lem kayu untuk menyusun papan/triplek, tambahkan dengan paku jika diperlukan.

Langkah 3: Ukur ranting kayu sesuai panjang papan persegi panjang, lalu tandai dengan gergaji (dengan memilih yang ada cabang pada  tiap potong ranting). Usahakan panjangnya pas agar tidak longgar saat dipasang.

Advertisment

Langkah 4: Gergaji ranting kayu yang anda tandai tadi.

Langkah 5: Olesi lem pada salah satu ujung ranting lalu pasang satu-persatu pada papan secara berjejer dari ujung ke ujung.

Langkah 6: Setelah ranting terpasang semua, olesi ujung ranting satunya dengan lem lalu tutup bagian atas sisi persegi panjang dengan papan yang sudah dipotong.

Langkah 7: Bor bagian atas papan tepat di tiap ranting lalu pasang baut (jika diperlukan).

Langkah 8: Tancapkan dua paku atau seperlunya pada dinding kemudian gantungkan gantungan baju yang sudah jadi. Tambahkan paku tepas di bawah bagian bawah papan untuk memperkuat gantungan.

Selesai…Kreasi unik dari ranting kayu berupa gantungan baju siap dipakai. Gimana, bagus dan unik kan? Tidak hanya untuk gantungan baju, syal, scraf, jaket dan juga tas, tapi sekaligus menjadi hiasan atau pajangan rumah. Anda juga bisa memasang  di ruang tamu, kali aja tamu anda ingin menggantung jaket atau jasnya. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment