Jangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver

Jangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver

Advertisment

Model pakaian dan sepatu memang terus berubah setiap tahunnya. Dari mulai yang klasik, bohemian, hingga gaya sporty yang kasual. Saking seringnya anda mengikuti perkembangan mode, alhasil banyak pakaian lama yang akhirnya jarang bahkan tidak pernah lagi terpakai dan disimpan di dalam lemari.

Mau dibuang sayang, karena pernah menjadi fashion item kesayangan. Daripada menuh-menuhin lemari sementara jarang dipakai, direfashion saja atau dimakeover. Bukan hanya wajah saja lho yang bisa dimakeover, pakaian lama juga bisa. Dengan begitu anda bisa mengurangi budget untuk membeli pakaian baru. Coba saja ide kreatif refashion atau make over berikut ini:

1. Potong celana jeans bekasJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 1
Ada beberapa ide untuk mengubah celana jeans bekas yang tak lagi muat atau tak bisa dipakai karena rusak. Setidaknya Anda bisa menggunakan bagian yang bagus untuk dijadikan fashion item baru. Misalnya menjadikannya hot pants, atau menambahkan dengan kain bermotif, bahkan membuat clutch trendy sehingga anda tak perlu membeli tas baru.

2. Tambahkan payet pada kaosJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 2
Kaos polos yang sudah tidak terpakai bisa dimodifikasi menjadi lebih bagus dan terlihat baru dengan menambahkan hiasan di atasnya seperti payet. Anda bisa membentuk pola gambar atau tulisan terlebih dahulu di selembar kertas, lalu gunting mengikuti pola, kemudian tulis ulang di atas kaos. Selanjutnya, anda tinggal menempel payet – payet tersebut sesuai dengan pola menggunakan lem khusus kain. Buatlah dua baris. Setiap payet terakhir dilipat ke bawah payet sebelumnya. Setelah lem mengering, baru anda bisa menjahit payet tersebut menggunakan benang.

3. Hiasi dengan bordiranJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 3
Pakaian maupun kaos yang polos tanpa detail bisa jadi menarik bila anda menambahkan detail seperti bordiran atau kain brokat. Anda tinggal memotong bagian mana yang mau dirubah, misalnya memotong bagian atas kaos lalu menggantinya dengan kain brokat.

Advertisment

4. Tempel studdedJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 4
Menghias pakaian lama dengan stud juga bisa jadi cara yang tepat untuk memodifikasi pakaian anda. Biasanya, hiasan stud ini akan cocok dihias pada kemeja polos. Tapi anda juga bisa berkreasi dengan pakaian yang lain termasuk sepatu. Yang anda perlukan hanya metal stud atau potongan cd bekas dan sebuah tang. Caranya dengan menempelkan metal stud pada bagian yang anda inginkan, kemudian balikkan pakaian dan rekatkan penopang metal stud dari belakang dengan menggunakan tang. Jika anda menggunakan potongan cd bekas, maka cukup ditempelkan dengan menggunakan lem. Mudah kan?

5. Menggabungkan dua sampai tiga kaosJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 5
Terkadang anda bosan dengan warna dan motif kaos yang itu-itu saja, akhirnya banyak sekali kaos yang ngganggur. Nggak ada salahnya anda menggabungkan dua sampai tiga kaos yang berbeda menjadi satu. Anda bisa mengganti leher kaos bagian depan dengan motif garis, kemudian bagian lengannya dengan lace dan selebihnya tetap menggunakan kaos polos, atau sebaliknya sesuai selera.

6. Gambar dengan fabric pastelJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 6
Kalau anda punya hobi atau kemampuan menggambar, anda bisa menyalurkan karya tersebut di pakaian atau baju lama. Buat anda yang ingin mencobanya, gunakan saja fabric pastel yang mudah untuk diaplikasikan. Fabric pastel yang berbentuk crayon ini bisa dipakai untuk menghias pakaian anda menjadi lebih menarik dengan gambar – gambar yang anda buat sendiri sesuai dengan keinginan. Nggak perlu takut fabric pastel ini cepat luntur atau tidak tahan lama. Karena saat pakaian ini disetrika, warna dari fabric pastel akan menjadi permanen dan nggak luntur saat dicuci.

7. Rombak bentuknyaJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 7
Percaya nggak, dari sebuah kaos atau baju lama, anda bisa merombaknya menjadi baju yang cantik dan cute? Anda tinggal menentukan mau dirubah seperti apa. Sebelum dipotong alangkah bagusnya jika anda tandai kaos lama dengan kapur jahit/spidol agar tdak salah dalam pemotongan.

8. Percantik kaos polos dengan teknik dip dyeJangan Buang Pakaian Lama Anda Kalau masih bisa Direfashion atau MakeOver 8
Anda perlu menyiapkan kaos polos, pewarna tekstil merek Dylon, sarung tangan karet atau plastik, air hangat, garam, dan ember kecil sebagai wadah.

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
– Larutkan 1/4 botol bubuk Dylon ke dalam 4 gelas air hangat dan tambahkan 4 sendok makan garam untuk ‘mengunci’ warnanya.
– Setelah larut dengan baik, tambahkan sedikit air untuk mendapat warna lembut yang tidak terlalu pekat.
– Cuci bagian bawah kaos polos yang ingin anda percantik dengan air biasa dan peras hingga airnya habis.
– Rendam bagian kaos polos yang basah kedalam larutan Dylon selama 45 detik, lalu angkat. Kemudian lanjutkan pewarnaan dengan cara mencelup-celupkan bagian bawah kaos sebanyak 3-4 kali, supaya mendapat gradasi warna yang cantik.
– Selanjutnya peras bagian kaos yang telah diberi warna dan bilas menggunakan air dingin. Lalu, gantung kaos tersebut selama 15 menit sampai bagian yang diwarnai mengering.
– Setelah 1/2 kering, taburkan sedikit bubuk pewarna Dylon di atas bagian yang diwarnai. Taburan bubuk Dylon ini untuk membuat efek berkilau.
– Gantung kembali kaos hingga benar-benar kering. Kemudian, bilas dan keringkan sekali lagi untuk membuat warna terserap dengan baik.
Dan lihatlah hasilnya, kaos polos membosankanmu telah berubah menjadi kaos dip dye yang sangat cantik.

Gimana, tertarik untuk nyoba? Semoga tips di atas bermanfaat dan menginspirasi anda untuk memakeover atau merefashion baju lama!

Advertisment
  • Add Your Comment