Ini Cara Membuat iPhone Desk Stand dari Kardus Bekas

Hampir semua orang saat ini mempunyai handphone/smatphone. Sangat jarang ada orang yang tidak memilikinya. Beragam merek dan jenis handphone pun bermunculan. Mulai dari produk Eropa, Amerika, sampai China. Namun tatkala kita ingin membeli handphone, daripada membeli handphone yang murahan tapi cepat rusak, akan lebih baik kalau kita membeli handphone yang sedikit agak mahal tapi kualitas terjamin, itu kalau kita punya uang cukup. Karena kalau dihitung masa penggunaan dan harganya, akan lebih menguntungkan ketika kita membeli handphone yang agak lebih mahal.

Advertisment

Di antara jenis handphone yang harganya agak lumayan mahal adalah iPhone. Tentunya suatu kebanggaan tersendiri bagi orang yang memiliki iPhone. Termasuk dalam kategori handphone mahal dan merek terkenal. Umumnya, handphone merek iPhone memang mahal, kecuali kalau iPhone tersebut barang palsu/tiruan atau ilegal.

Tatkala kita membeli iPhone baru pastinya kita mendapatkan kotak kardus, sebagai bagian dari paket pembelian. Kardus ini jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk membuat iPhone Desk Stand. Dalam artikel sebelumnya ZonaKreatif telah paparkan tentang tata cara membuat gelang pita dan manik-manik, kali ini akan saya paparkan tata cara membuat desk stand dari kardus bekas.

 

Cara Membuat iPhone Desk Stand

Untuk memudahkan pemahanan dalam membuat iPhone Desk Stand, akan saya uraikan beserta gambar yang saya ambil dari Instructable, yang bisa anda tiru di rumah.

Pertama: Carilah Ukuran Kardus yang Sesuai untuk Pembuatan iPhonde Desk Stand

membuat stand hp dari kardus

Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mencari kardus yang ukurannya sesuai untuk pembuatan desk stand ini. Boleh menggunakan dus yang berukuran kecil, sedang, maupun besar. Yang terpenting adalah anda harus sesuaikan sesuai fungsinya nantinya.

Kedua: Lakukan Pemotongan terhadap Sambungan Kardus

 

kerajinan dari kardus

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemotongan pada sambungan-sambungan kardus. Lakukan seperti yang ada pada gambar sehingga semua sambungan menjadi terbuka. Untuk melakukan hal itu anda bisa menggunakan peralatan seperti cutter, gunting, maupun pisau. Usahakan potongan-potongan yang anda buat bisa rapi, supaya hasilnya juga bagus.

Ketiga: Buat Polanya

sandaran hp dari kardus

Advertisment

Setelah anda lakukan pemotongan-pemotongan dengan rapi, silahkan lanjutkan dengan membuat pola yang ukurannya kira-kira mirip pada gambar diatas. Jangan lupa gunakan penggaris supaya gambar polanya bisa lurus dan rapi. Agar nantinya lebih mudah dilihat saat pengerjaan, pergunakan pensil dengan warna mencolok. Dan ketika pembuatan pola telah selesai, anda bisa melanjutkan dengan memotong kardus tersebut sebagaimana pola yang ada.

Keempat: Buat Lagi Garis Pola (Pola Kedua)

sandaran hp

Apabila anda telah selesai dalam pemotongan kardus sesuai pola yang telah dibuat, maka anda bisa melanjutkannya dengan membuat pola kedua yang fungsinya adalah supaya ada lekukan pada dus. Jangan lupa, kembali gunakan penggaris agar rapi dan lurus.

Kelima: Lipat dan Bentuklah Kardus Sesuai Pola yang Telah Dibuat

kerajinan tangan dari kardus bekas

Jika pembuatan pola lekukan telah terlesaikan dan rapi, anda bisa melanjutkannya dengan melipatnya supaya kardusnya terbentuk sesuai dengan pola yang telah dibuat. Untuk pembuatan lobang pada kardus bagian belakang, anda bisa menggunakan alat penusuk. Kegunaan dari lobang ini adalah agar bisa dipasangi klip sehingga dus tidak menyatu.

Keenam: Pasanglah Klip Penahan Pada Lobang

kerajinan tangan dari kardus

Jika semua langkah di atas sudah anda lakukan dengan baik dan benar, maka sekarang kita beranjak ke langkah yang terakhir, yaitu pemasangan klip pada lobang yang tadi telah dibuat. Klip tersebut berfungsi untuk membentuk dus seperti gambar pola yang tadi telah dibuat.

Ini Hasilnya

membuat tempat hp dari kertas

Jika semua langkah di atas anda lakukan persis seperti contoh yang ada pada gambar maka bisa dipastikan hasilnya juga akan sama. Kalau ada perbedaan kemungkinan ada step-step yang terlewat atau salah.

Ada sedikit rahasia, untuk membuat desk stand seperti di atas sebetulnya tidak harus menggunakan kardus iPhone, bisa juga menggunakan kardus biasa-biasa saja. Karena kan sayang kalau kardus/bungkus iPhone digunakan untuk membuat desk stand dan dipotong-potong. Karena siapa tahu suatu saat ternyata kita ingin menjual iPhone kita, supaya harganya tidak terlalu anjlok maka dibutuhkan kardusnya.

Oleh karena itu ketika anda ingin membuat desk stand lebih baik menggunakan bahan kardus biasa saja, kan lumayan sekalian melakukan aktivitas daur ulang kardus bekas. Memanfaatkan kardus-kardus yang tidak terpakai menjadi kerajinan tangan dari kardus.

Advertisment
  • Add Your Comment