Daur Ulang Batok Kelapa menjadi Mangkuk Serbaguna

membuat mangkuk dari batok kelapa

Advertisment

Anda suka dengan menu yang bersantan? Pasti tiap hari butuh kelapa untuk masak. Kalau beli yang sudah dikupas/diparut sekalian pasti harganya lebih mahal dari yang masih ada batoknya. Nah, bagi yang mau berhemat nih, nggak ada salahnya beli yang masih ada batoknya. Sekalian nanti batoknya didaur ulang menjadi kreasi unik seperti pot bunga, mangkuk, teko, celengan/lainnya. Untuk kali ini saya share cara bikin mangkuk serbaguna dari batok kelapa. Bahan dan alat yang diperlukan:
– Batok kelapa
– Gergaji besi
– Amplas halus
– Mineral oil
– Kuas berukuran kecil
– Pisau/cutter/sejenisnya

Cara membuat mangkuk serbaguna dari batok kelapa:
Langkah 1: Pilih kelapa yang tidak terlalu tua untuk memudahkan anda mengeluarkan daging kelapa tanpa merusak batok

Langkah 2: Agar tidak rempong, minta sekalian dibersihin sabut kelapanya sama penjual.

Langkah 3: Setelah sampai rumah, gergaji batok kelapa menjadi dua bagian yang nggak sama, kira-kira perbandingannya 3:1, dimana yang 3 bagian dipakai sebagai kerajinan mangkuk dan 1 bagiannya bisa dipakai sebagai kaki/pondasi dasar mangkuk.
Jika anda butuh air kelapanya maka lubangi dulu batok kelapa lalu keluarkan airnya. Lakukan secara hati-hati agar batok tidak sampai rusak/pecah

Advertisment

Langkah 4: Keluarkan daging kelapa dengan pisau/sejenisnya. Atau jika susah dilepas, maka letakkan di atas api/tungku kayu beberapa menit, lalu cobalah untuk melepaskannya

Langkah 5: Setelah daging kelapa terlepas, amplas bagian luar dan dalam batok agar halus dan bersih

Langkah 6: Lapisi batok yang sudah bersih dan halus dengan mineral oil menggunakan kuas

Langkah 7: Keringkan minimal selama 24 jam sebelum pemakaian.

Langkah 8: Terakhir, hiasi sisi luar mangkuk dengan ukiran/pahatan pisau atau sesuai selera, lalu tempelkan mangkuk dengan kaki/pondasi dasar mangkuk menggunakan lem (jika diperlukan)
Atau anda bisa membiarkannya terpisah (bisa bongkar pasang)

Dan mangkuk serbaguna hasil daur ulang limbah batok kelapa pun siap dipakai. Sudah berhemat, punya mangkuk serbaguna karya sendiri lagi, enak kan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment