Celemek dari Bungkus Plastik Kemasan

image

Advertisment

Sudah pada tau kan apa fungsi dan kegunaan celemek? Pada artikel sebelumnya, saya sudah ngeshare cara membuat celemek dari kain perca. Udah dipraktekin apa belum? Hmm..keknya belum pada bikin nih, pasti gara-gara nggak punya kain perca 🙂

Kalau emang nggak ada kain perca di rumah, nggak usah terlalu maksain untuk tetap bikin. Nanti yang ada malah motong-motong baju yang masih layak pakai. Kalau banyak warna dan motif sih nggak apa-apa, tapi kalau cuma satu warna, nggak kebayang berapa baju yang dikorbankan 😀

Untuk membuat celemek/apron yang ceria tapi nggak punya kain perca, ganti saja bahannya dengan plastik bungkus kemasan. Bisa memakai bungkus makanan ringan, bungkus minuman serbuk, bungkus sabun, pewangi maupun bungkus kemasan yang lain. Ya sudah, siapkan dulu bahan dan alatnya :
– Bungkus plastik kemasan
– Gunting
– Jarum dan benang jahit
– Tali dari kain bekas/pita
– Meteran (jika diperlukan)

Cara membuat :
Langkah 1 : Potong bungkus plastik kemasan bagian atas dan bawahnya

Langkah 2 : Lebarkan plastik dengan cara memotong bagian pengerat yang ada di tengah

Langkah 3 : Setelah plastik berbentuk lembaran, cuci bersih plastik dan jemur hingga kering atau lap dengan kain

Advertisment

Langkah 4 : Jahit satu-persatu lembaran bungkus plastik kemasan.
Jika ingin mempersingkat waktu menjahit, gunakan plastik bungkus kemasan yang besar agar menghasilkan lembaran yang lebar

Langkah 5 : Tentukan pola sesuai selera

Langkah 6 : Gunting lembaran sesuai pola yang dibentuk

Langkah 7 : Buat tali dari kain/pita

Langkah 8 : Lapisi pinggir celemek dengan tali kain/pita agar hasilnya lebih rapi

Langkah 9 : Pasang tali pada celemek sesuai panjang yang diinginkan

Celemek/apron dari bungkus plastik kemasan sudah jadi. Celemek ini lebih aman dan praktis karena terbuat dari plastik. Jika terkena minyak/saus tinggal dilap aja. Proses mencucinya pun lebih gampang dibanding celemek yang berbahan kain. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment