Cara Mudah Membuat Popok Bayi atau Cloth Diapers

popok kain cuci ulang

Advertisment

Sebenarnya anda bisa membuat sendiri popok kain cuci ulang/clodi. Tapi sering kali anda tidak punya banyak waktu untuk membuat karena sibuk mengurus si kecil, sementara persediaan popok cuci ulang atau clodi makin sedikit. Mau nggak mau anda harus mengakali dengan popok lainnya, yang penting bukan diaper (popok sekali pakai/pospak). Karena selain menimbulkan ruam popok/bintik kemerah-merahan pada kulit bayi, anda juga harus memikirkan limbahnya. Ok, langsung saja ya siapkan bahan dan alatnya:
– Celana pendek bayi yang sudah jadi
– Kain fleece
– Microfiber
– Gunting
– Jarum dan benang jahit/mesin jahit

Cara mudah membuat sendiri popok bayi atau cloth diapers:
Langkah 1: Siapkan celana bayi yang sudah jadi

Advertisment

Langkah 2: Balik celana bayi, kemudian letakkan kain fleece di tengah-tengah celana secara memanjang dari depan ke belakang seperti diaper pada umumnya

Langkah 3: Lalu jahit kain fleece sisi kanan dan kiri. Sisi atas dan bawah biarkan terbuka untuk memasukkan microfiberpopok kain cuci ulang 1

Langkah 4: Lipat microfiber menjadi tiga-empat lipatan, lalu selipkan diantara kain fleece dan celana bayi tanpa dijahit (yang dijahit hanya kain fleece saja)

Selesai..Bearti anda sudah punya popok bayi kain buatan sendiri dan bisa langsung dipakai. Mudah dan cepat kan menjahitnya? Lebih praktis lagi, karena sudah menyatu pada celana. Jadi tidak butuh waktu lama ketika mengganti popok si kecil.
Anda bisa mengganti kain fleece dengan kain kaos yang lembut/kain katun tipis/kain flanel agar si kecil tetap nyaman. Dan untuk menyiasati microfiber jika anda susah untuk mendapatkannya, maka ganti dengan handuk yang lembut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment