Cara Merajut Cast On atau Tusuk Dasar dalam Merajut Knitting

Advertisment

Langkah pertama teknik tusuk dasar knitting setelah membuat slip knot atau simpul permulaan adalah Cast On/tusuk awal/tusuk permulaan. Bagi anda pemula dan belum mengenal rajut knitting, ada baiknya anda kembali ke artikel sebelumnya, yaitu apa itu rajut knitting?

Cast On biasa disingkat dengan istilah CO. Cast On sendiri merupakan tusuk dasar awal dalam knitting, layaknya pondasi ketika anda akan mendirikan sebuah bangunan. Jadi, jumlah CO yang anda buat akan menentukan seberapa lebar hasil rajutan yang sedang anda bikin.

Ada beberapa macam metode/cara dalam pembuatan CO. Sebagaimana yang ditulis oleh master knitter, Montse Santley dalam bukunya yang berjudul “Knitter’s Handbook”, dimana ada 40 metode/cara membuat tusuk permulaan (CO). Akan tetapi hanya ada beberapa metode saja yang familiar dan perlu dicoba oleh para perajut.

Jika dalam sebuah pola rajut knitting tidak disebutkan secara jelas metode/cara membuat Cast On, maka anda bebas menentukan dan memakai metode yang sesuai dengan keinginan anda. Setidaknya ada 4 macam metode pembuatan CO yang familiar, yaitu: Cable Cast On, Long Tail Cast On, Simple Cast On, dan Knitted Cast On.

Berikut langkah-langkah pembuatan 4 macam metode Cast On yang disertai dengan gambar merajut secara lengkap:

1. Cable Cast On

Cara membuat Cable Cast On:
Langkah 1: Buat slip knot pada salah satu jarum rajut. Bagi anda yang belum tahu cara membuatnya, silahkan pelajari di artikel sebelumnya, cara memegang benang dan membuat simpul awal rajut knitting.

Langkah 2: Posisikan jarum rajut yang ada slip knot di tangan kiri dan jarum breien satunya pada tangan kanan.

Langkah 3: Masukkan jarum kanan pada front loop di slip knot dengan posisi jarum kanan berada di belakang. Kemudian kaitkan pada yard ball dan tarik benang keluar (biarkan yard end tetap menggantung). 

Langkah 4: Setelah anda tarik, maka hasilnya seperti ini (ada sebuah tusuk/loop pada jarum rajut kanan). 

Langkah 5: Pindahkan sebuah tusuk/loop tadi pada jarum rajut kiri, dan hasilnya akan ada 2 tusuk/loop pada jarum rajut kiri. 

Langkah 6: Kemudian masukkan jarum rajut kanan di antara kedua tusuk pada jarum rajut kiri. Lalu kaitkan benang yard ball pada jarum. 

Langkah 7: Tarik keluar benang yang terkait pada jarum tadi. 

Langkah 8: Dan hasilnya akan menjadi seperti ini. 

Langkah 9: Pindahkan tusuk/loop yang berada di jarum kanan ke jarum kiri (bearti ada 3 tusuk/loop di jarum kiri). 

Langkah 10: Ulangi langkah 6-9 hingga anda mendapatkan jumlah tusuk sesuai dengan rajutan yang mau anda buat.

Catatan:
– Pada awalnya akan terasa sulit untuk membuat CO, tapi kalau anda sudah terbiasa, maka tidak ada kata sulit lagi.
– Anda bisa menggunakan jarum crochet (hakpen) untuk membantu dalam menarik benang.
– Buat tusuk/loop yang longgar, agar tidak kesulitan saat memasukkan atau menyisipkan jarum.

2. Long Tail Cast On

Metode CO yang satu ini konon katanya menjadi designer’s favorite. Dalam pembuatan CO ini, anda harus menyisihkan ujung yard end yang cukup panjang, yaitu sekitar 3-4 kali lipat dari panjang CO yang akan anda buat. Maka dari itu, CO ini disebut dengan istilah Long Tail Cast On.

Cara membuat Long Tail Cast On:
Langkah 1: Buat slip knot pada salah satu jarum rajut.

Advertisment

Langkah 2: Letakkan jarum yang ada slip knot di tangan kanan, lalu lingkarkan yard end ke ibu jari tangan kiri. 

Langkah 3: Lingkarkan yard ball ke jari telunjuk tangan kiri sesuai pada gambar di bawah ini dari berbagai sudut. 

Langkah 4: Kaitkan jarum rajut ke yard end yang melingkar pada ibu jari, tahan. 

Langkah 5: Kemudian kaitkan jarum tadi (yard end dalam kondisi masih terkait di jarum) ke yard ball yang ada pada jari telunjuk seperti pada gambar sebelah kiri. Lalu tarik benang dan masukkan ke lingkaran pada ibu jari seperti gambar di sebelah kanan. 

Langkah 6: Anda akan mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini. 

Langkah 7: Lepaskan ibu jari, lalu tarik kedua ujung benang (yard end dan yard ball) dan posisikan jari seperti semula (bearti ada 2 tusuk pada jarum). 

Langkah 8: Untuk membuat CO selanjutnya, ulangi langkah 2-7 sesuai dengan jumlah tusuk yang anda inginkan, seperti contoh CO di bawah ini. 

Catatan:
Untuk mengantisipasi agar panjang benang yard end tidak kekurangan atau kelebihan terlalu panjang, maka sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu dengan membuat beberapa CO, misalnya: buat 10 loop/tusuk CO terlebih dahulu, kemudian bongkar benang lagi dan tandai seberapa panjang benang yang dibutuhkan. Jika anda butuh CO lebih dari 10, maka anda tinggal melipat gandakan panjang benang tadi sesuai dengan keperluan.

3. Simple Cast On

Cara membuat Simple Cast On:
Langkah 1: Buat slip knot atau simpul permulaan rajut knitting pada salah satu jarum breien dan letakkan yard ball pada tangan kiri. 

Langkah 2: Sejajarkan jarum breien dengan ibu jari tangan kiri. Lalu buat lingkaran dengan posisi yard ball berada di bawah, kemudian masukkan lingkaran tersebut pada jarum breien dan ibu jari tangan kiri. 

Langkah 3: Tarik ujung yard ball secara pelan-pelan sambil keluarkan ibu jari tangan anda. 

Catatan:
– Anda bisa langsung memasukkan lingkaran yard ball pada jarum tanpa bantuan ibu jari tangan kiri. Asal, CO yang anda buat tidak terlalu ketat, agar memudahkan saat melanjutkan knitting ke tusuk dasar selanjutnya.
– Atau anda bisa menggunakan jarum rajut satunya dengan cara mensejajarkan kedua jarum, lalu mulailah membuat CO, seperti gambar di bawah ini. 

4. Knitted Cast On

Knitted Cast On mudah dibuat dan hampir sama dengan Cable Cast On. Perbedaan di antara keduanya terletak pada langkah setelah tusukan pertama dibuat. Knitted Cast On berhenti pada tusukan pertama, lalu buat CO selanjutnya. Sedangkan Cable Cast On harus memasukkan jarum dan mengaitkan benang yard ball lagi di antara kedua tusuk/loop pertama dan kedua.

Cara membuat Knitted Cast On:
Langkah 1: Buat slip knot atau simpul permulaan pada salah satu jarum rajut.

Langkah 2: Tempatkan jarum rajut yang ada slip knot pada tangan kiri dan jarum satunya di tangan kanan.

Langkah 3: Masukkan jarum kanan pada slip knot. Lalu kaitkan benang yard ball pada jarum dan tarik benang melalui lubang slip knot. 

Langkah 4: Pindahkan tusuk/loop di jarum kanan ke jarum kiri (bearti ada dua tusuk/loop pada jarum kiri). 

Langkah 5: Ulangi langkah 3-4 sehingga anda mendapatkan jumlah tusuk/loop CO sesuai dengan yang anda perlukan.

Itu tadi 4 metode/cara membuat Cast On dengan metode yang berbeda. Gimana? Gampang kan cara membuatnya? Kalau gitu, lanjut belajar merajut kita pada artikel selanjutnya yaa…

Bagi anda yang ingin belajar merajut crochet maupun knitting, ada sebuah kursus rajut yang bisa anda jadikan rujukan, yaitu Kursus Rajut Bdg Berpengalaman – Tangan & Mesin, yang mana anda akan dibimbing oleh guru telaten dan berpengalaman tentunya.

Memang, di internet ada jutaan artikel maupun video panduan belajar merajut dan tutorial, akan tetapi tidak ada satupun yang menyertakan cara mengatasi hal-hal yang melenceng dari jalur, semisal anda salah dalam membuat sebuah tusukan. Pastinya anda penasaran kan bagaimana cara memperbaikinya tanpa harus membongkar hasil rajutan yang sudah panjang?! Nah, saat seperti inilah butuh seorang guru rajut profesional. Selamat merajut dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment