Cara Membuat Tas Rajutan Imut dari Plastik Kresek

image

Advertisment

Seperti yang kita ketahui bersama, pemerintah memberlakukan uji coba wajib bayar Rp 200,- per kantong plastik saat berbelanja di minimarket, supermarket, dan hypermarket. Itu artinya, anda tak bisa lagi mendapatkan tas kresek dengan gratis terhitung mulai sabtu (21/2/2016)

Uji coba ini berlaku di 22 kota dan 1 provinsi. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebutkan, uji coba itu akan berlaku sampai enam bulan dengan evaluasi berkala tiga bulan sekali.

Jika kita berbelanja di minimarket, supermarket, dan hypermarket, mungkin kita bisa menyiasati dengan cara membawa tas sendiri dari rumah kecuali untuk belanja bulanan, apalagi jika kita belanja di pasar lokal atau warung-warung kecil, mau nggak mau harus pulang dengan membawa puluhan plastik kresek.

Meskipun masyarakat banyak yang pro dan kontra dalam menangggapinya, tapi ini adalah salah satu program resolusi hijau pemerintah demi keselamatan lingkungan. Bukan masalah uang atau kekuasaan yang kita garis bawahi, tapi ini menyangkut pola pikir masyarakat untuk meminimalisir penggunaan kantong kresek yang ujung-ujungnya lari ke TPA dan butuh waktu puluhan tahun untuk menguraikannya.

Daripada ribut, kenapa kita nggak berfikir untuk mendaur ulang kantong kresek yang sudah ada. Misalnya dengan merajut tas, dompet dan lainnya bagi yang suka merajut, atau membuat jas hujan sendiri, gelang dan lain sebagainya.

Nah, kali ini saya akan share cara membuat tas rajutan imut dari plastik kresek. Emang kedengaranya aneh sih, tapi jika dipraktekin pasti hasilnya akan berbeda. Apalagi kita berpikir ‘do something for save our world!’

Bahan dan alat:
– Plastik kresek (pengganti benang)
– Jarum rajut yang disebut hook/hakken/hakpen
– Gunting

Cara membuat tas rajutan imut dari plastik kesek 1:
Langkah 1: Bentangkan plastik kresek

image

Advertisment

Langkah 2: Lipat seperti pada gambar

image

Langkah 3: Gunting selebar 1 cm, buang bagian alas dan pegangannya

image

Langkah 4: Sambung tiap potongan seperti menyambung karet gelang untuk dijadikan tali

image

Atau cara ke-2: Bentangkan plastik kresek, buang bagian alas dan pegangannya, lalu potong secara miring tanpa putus agar menghasilkan tali yang panjang tanpa sambungan.

Langkah 5: Mulai merajut sesuai bentuk dan ukuran tas yang diinginkan.

Selesai..Tas rajut imut dari plastik kresek untuk tempat sabun mandi atau kosmetik anda, keren kan? Bisa dimanfaatkan untuk membawa barang belanjaan juga lho, tapi dengan ukuran yang lebih besar.

Jika anda belum tahu cara merajut, alangkah baiknya belajar merajut pada teman/mencari tutorial/panduan yang ada di internet/ambil kursus merajut/ikut komunitas merajut di daerah tempat tinggal. InsyaAllah saya akan ngeshare tutorial merajut untuk pemula pada artikel berikutnya.

Hakpen yang digunakan di sini adalah no.6 dan hanya menggunakan 3 jenis tusukan dasar : tusuk rantai atau chain, tusuk tunggal dan tusuk ganda. Sedangkan kantong plastik yang dibutuhkan -/+ 7 kantong plastik berukuran sedang.
Sekedar tambahan, kantong plastik kecil akan menghasilkan sekitar 5 m benang, sedangkan kantong plastik yang besar bisa menghasilkan sekitar 20 m. Dan yang paling penting, jangan membeli plastik kresek hanya untuk membuat tas rajut 😀 Semoga bermanfaat!!

Advertisment
  • Add Your Comment