Cara Membuat Tas atau Sarung Protektor HP dari Rajutan

image

Advertisment

Anda sudah mempelajari semua tentang merajut kan? mulai dari tusuk dasar rajut, pola lingkaran dan cara membaca pola crochet. Sekarang saatnya kita aplikasikan ilmu yang sudah kita pelajari. Karena seorang perajut belum bisa dikatakan bisa merajut jika cuma faham teori saja tanpa praktek. Berhubung sarung protektor hp dari kaos bekas sudah dibuat, kali ini saya share cara membuat tas hp rajutan. Kerajinan tangan sederhana dari rajutan ini memakai tusuk paling dasar, yaitu tusuk rantai dan tusuk tunggal.

Yuk kita mulai prakteknya, bahan dan alat yang dibutuhkan:
– Hakpen
– Benang kombinasi/sembur/lainnya
– Gunting

Cara membuat tas hp rajut:
Langkah 1: Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan

Langkah 2: Ukur panjang dan ketebalan hp anda

Langkah 3: Mulailah merajut alas tas hp
Baris 1: Buat tusuk rantai (ch) sepanjang hp, balik benang kemudian buat tusuk tunggal (sc) mulai ch kedua dari jarum sampai ujung ch

Advertisment

Baris 2: Buat 2 sc di ujung, lanjutkan sc sampai ujung satunya dengan tambahan 2 sc, akhiri dengan tusuk selip (ss) (jangan balik, tapi lanjutkan pada bagian bawah rantai sehingga akan membentuk pola oval)

Ulangi baris 2 dengan tambahan 2sc di setiap ujung sesuai ukuran tebalnya hp

Langkah 4: Buat bagian badan tas/sarung pelindung hp
Baris 1: Jika anda sudah memiliki dasar oval, tanpa membalik, lanjutkan dengan membuat sc di benang belakang (back loops) sampai kembali ke awal. Ini untuk membuat rajutan naik

Baris 2 dan selanjutnya: Buat sc mengelilingi lingkaran sampai mencapai tinggi hp anda, lalu akhiri dengan ss

Langkah 5: Jika bagi anda sudah cukup, maka matikan benang (finishing), caranya seperti pada panduan awal.
Tapi jika anda ingin menghiasi dengan tusuk rajut lainnya, maka lanjutkan rajutan. Salah satunya dengan membuat tusuk picot. Tusuk picot ini biasanya dipakai untuk pinggiran kreasi rajutan. Dan pemakaiannya pun sesuai dengan pola yang anda bikin dan jarak antara picot satu dengan lainnya.

Sebelum membuat tusuk picot, hitung dulu jumlah stitch (st).
Kebetulan jumlah st di sini kelipatan 3, maka saya buat tusuk picot di ujung setiap st ke-3. Cara membuat tusuk picot: 3 sc, 3 ch, slst (tusul selip) ke dasar, ulangi sampai abis.
image

Tapi jika anda memiliki jumlah genap, maka bikin tusuk picot di setiap st ke-2 atau ke-4.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Advertisment
  • Add Your Comment