Buat Aksesoris Gelang dari Jeans Bekas dan Mutiara Yuk!

aksesoris-gelang

Advertisment

Ada berbagai macam jenis dan model aksesoris gelang dari celana jeans bekas atau bahan denim, salah satunya gelang yang ini. Pada postingan sebelumnya, saya sudah share cara membuat gelang dari celana jeans bekas, coba lihat pada artikel yang berjudul cara mudah membuat aksesoris gelang dari celana jeans bekas.

Untuk kali ini dari jeans bekas juga, tapi tidak terbatas pada celana jeans saja, karena yang kita butuhkan kain denimnya, bukan jahitan lipatan celana seperti gelang sebelumnya. Jadi anda bisa memanfaatkan berbagai jenis kain denim bekas, seperti rok jeans, kemeja, rompi dan bahan denim lainnya.

Berikut bahan dan alat yang perlu anda siapkan untuk membuat aksesoris gelang dari jeans bekas dan mutiara:
– Jeans bekas
– Gunting
– Mutiara
– Jarum jahit ukuran besar
– Benang karet (bisa diganti dengan benang wol/benang jahit)

Cara membuat aksesoris gelang dari jeans bekas dan mutiara:
Langkah 1: Potong kain jeans dengan panjang dan lebar sesuai selera.

Advertisment

Langkah 2: Tarik beberapa helai benang pada kedua sisinya agar membentuk suwir-suwiran.

Langkah 3: Tusukkan jarum yang sudah dipasang benang pada ujung jeans dengan menyisakan beberapa benang pada ujungnya lalu ikat agar benang tidak lepas.

Langkah 4: Mulailah menjahit jelujur 3x tusukan, tarik benang lalu masukkan mutiara pertama dan jahit 3 tusukan lagi, tarik, kemudian masukkan mutiara kedua. Lakukan hal ini hingga sampai ujung kain jeans satunya.cara-membuat-gelang

Langkah 5: Ikat benang pada ujung dengan ujung satunya sambil ditarik pelan-pelan agar lipatan kain jeans rapi dan rapat.

Langkah 6: Potong sisa kedua benang dan rapikan.

Selesai…Aksesoris gelang dari jeans bekas dan mutiara sudah jadi. Cantik kan? Jika anda khawatir potongan kain denim lebih pendek dibanding pergelangan tangan anda, maka potong kain sepanjang-panjangnya sesuai selera dan coba anda letakkan di pergelangan ketika masih proses pembuatan/menjahit jelujur agar mendapatkan ukuran yang pas. Dan anda tinggal memotong sisa kain jika kepanjangan.
Jika anda memakai benang wol/benang jahit, maka gabung dua/lebih helai benang menjadi satu agar tidak mudah putus dan buat gelang dengan ukuran yang lebih besar dari pergelangan tangan untuk memudahkan anda dalam pemakaian, karena benang wol/benang jahit tidak bisa melar seperti benang karet. Selamat berkreasi!

Advertisment
  • Add Your Comment