Baby Sleep Sack atau Karung Tidur Bayi yang Simple

baby-sleep-sack-tutorial

Advertisment

Ada sebagian mom yang bingung dengan pola tidur si kecil, dalam hal kenyamanannya, apalagi yang masih newbie. Wajar saja, karena sifat sayang yang terkadang berlebihan yang berubah menjadi kekhawatiran. Jadi tidak heran, jika sang bunda sering memakaikan sarung tangan dan kaos kaki pada si kecil saat dia tidur. Khawatir kedinginan, digigit nyamuk, atau kekhawatiran yang lainnya, terlebih lagi jika si kecil sedang kurang enak badan.

Kalau anda memakaikan selimut, si kecil cenderung tidak nyaman karena kegerahan, apalagi dengan cuaca indonesia yang tak terduga, habis panas langsung hujan dan sebaliknya. Disamping itu juga, si kecil lagi aktif-aktifnya bergerak karena pada masa perkembangan. Dijamin, belum beberapa jam, selimut yang anda kenakan di badannya sudah hilang entah ke mana.

Untuk menghilangkan kekhawatiran anda semua, saya akan share tutorial membuat baby sleep sack atau karung tidur bayi yang dilansir dari situs onelittleproject.com. Kenapa disebut karung? Karena memang bentuknya seperti karung pada umumnya. Jadi si kecil memakai baju seperti karung dari bahu hingga bawah kaki dengan ujung bawahnya tertutup. Dengan baju karung tidur ini, anda tidak perlu memakaikan selimut atau kaos kaki pada si kecil, dan anda pun tidak perlu khawatir kakinya terbuka.

Berikut bahan dan alat yang perlu anda siapkan untuk membuat baby sleep sakc atau karung tidur bayi:
– Kain flanel/katun (bisa juga memakai bahan kaos dengan catatan kain lembut, hangat, dan menyerap keringat)
– Karton untuk membuat pola
– Gunting
– Pensil/spidol
– Jarum dan benang jahit/mesin jahit
– Meteran (jika diperlukan)
– Ritsleting

Advertisment

Cara membuat baby sleep sack atau karung tidur bayi yang simple:
Langkah 1:
Gambar pola pada karton seperti gambar pertama di bawah ini, atau anda memakai pola separuh baju pada gambar kedua, lalu potong.gambar-pola-baby-sleep-sackcara-membuat-baju-karung-tidur-bayi

Langkah 2: Jiplak karton pada kain lalu potong. Untuk bagian depan, anda harus melebihkan kain tepat di tengah baju untuk memasang ritsleting.

Langkah 3: Jahit kain yang dipotong tadi (Ingat, jahitnya selalu dari bagian dalam dengan kain dibalik).

Langkah 4: Jika baju sudah terjahit, selanjutnya pasang ritsleting pada bagian depan tepat di tengah baju.

Tarraa…Baby sleep sack atau karung tidur bayi sudah selesai dan siap dipakai. Mudah dan simple kan cara membuatnya. Anda bisa mengganti ritsleting dengan kancing baju dan menggunakan kain katun seperti gambar di bawah ini yang memakai pola kedua pada langkah 1 di atas.diy-perlengkapan-bayi
Anda tidak perlu khawatir si kecil kedinginan di saat baju atau selimutnya terbuka akibat si kecil yang tidak bisa diam ketika tidur, dan anda juga tidak perlu lagi memakaikan kaos kaki. Baby sleep sack ini juga bisa dipakai untuk hari-hari santai di rumah. Selamat mencoba!

Advertisment
  • Add Your Comment